Kisah Sukses Pengusaha Kerajinan Jadi Insprasi Kita

Bisikanbisnis - Kisah sukses pengusaha kerajinan yang akan kita bahas kali ini bisa saja jadi inspirasi bagi kita bersama, karena orang sukses itu perlu banyak kita contek sebagai penyemangat dalam berkarir.

Usaha kerajinan ada banyak sekali ragam nya mulai dari kelas rumahan dengan produk sederhana hingga kelas besar. Berbicara kerajinan tentu tidak bisa dilepaskan dari kreatifitas dimana produk kerajinan terlahir dari tangan - tangan pengrajin yang ulet dan membidangi baik manajemen hingga proses pembuatan kerajinan itu sendiri.

Kesuksesan seorang pengusaha kerajinan tak bisa lepas dari skill dan kerja keras dan kerja cerdas pelaku usaha itu sendiri. Kita bisa mengambil pembelajaran dari kisah sukses beberapa pengrajin ini yang mampu mendapatkan ratusan hingga jutaan rupiah setiap hari. Nah berikut kisah sukses pengusaha kerajina:

1. Dewi Tanjung Sari
(foto okezone.com)
Dewi Tanjung Sari seorang anak yatim semata wayang yang sukses mengolah daun kering menjadi barang Kerajinan Souvenir.

Kini Dewi telah mengembangkan usahanya dengan sistem Franchise dengan label De Tanjung, dan sebagian besar mitranya adalah para pelanggannya yang kini sebagai franchisee di Malang, Bontang, Palu, Bekasi, Cirebon, bahkan Papua.

Omzet usahanya juga kian meningkat dari Rp. 650 juta pada tahun 2008 meningkat menjadi Rp. 935juta pada tahun 2009, dan tahun 2010 lalu omzetnya tembus mencapai Rp. 1,1 miliar dengan keuntungan bersih mencapai Rp. 273juta.

Luar biasa ya, sosok Dewi menginspirasi kita semua. Kini ia mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi 52 orang yang bekerja dari usahanya. Sebagian besar keryawannya adalah anak-anak muda yang berada di sekitar tempat tinggalnya.

2. Ivan Yahya Adhiteja
Ivan yahya Adhiteja (foto: swa.co.id)
Siapa yang tidak kenal dengan sosok Ivan Yahya Adhiteja? dia sosok pemuda adalah seorang pemuda sukses dengan aneka produk kerajinan berbahan kayu seperti pot, tempat lampu, baki, aksesoris ponsel, lampu meja, tempat tisu, hingga kursi dan meja.

Lulusan RMIT University di Melbourne Australia jurusan desain produk ini mampu menghasilkan rupiah Beromzet Puluhan Juta dengan bahan kerajinan yaitu Kayu Pinus dan Jati.

Bermula dari niat menciptakan barang yang bermanfaat bagi orang lain, Ivan kemudian

Ada tips jitu dari nya, yaitu bagaiamana memperkenalkan dan memasarkan produk-produk kerajinan dengan cara mengikuti berbagai event pameran produk kerajinan seperti Inacraft dan sejenisnya.

Dari order perlengkapan kantoran dan rumah itu, Ivan memperoleh sekitar Rp 100 juta. Uang itu dia putar sebagai modal membeli mesin.

Kerajinan nya dijual mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000, sedangkan untuk barang berukuran besar Rp 800.000 ke atas. Paling laku menurutnya adalah barang kecil seperti baki dan kursi kayu.

Nah dari usaha nya ini, Ivan memiliki omzet Rp 20 juta sampai Rp 30 juta per bulan. Hasil tersbeut lebih banyak terjual pada saat pameran. bersambung....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel