5 Modal Jadi Kontraktor Pemula yang Perlu Dipersiapkan

Ilustra foto kotraktor (Tribunnews)
Bisikanbisnis - Menjadi kontraktor adalah suatu impian seorang yang berlatang belakang wiraswasta. Secara teori semua orang sebenarnya punya peluang menjadi kontraktor hanya saja impian itu terkendala di modal.

Mendengar istilah kontraktor pasti dibenak kita ialah banyak modal dan banyak relasi baik di pemerintahan maupun khalayak umum.

Lalu sebenarnya apa saja modal yang harus dipersiapkan ketika seorang mulai terjun jadi kontraktor? Apakah mesti siap uang puluhan hingga ratusan juta saja? Tidak cuma itu ! Bagi seoarang pemula, menekuni pekerjaan sebagai kontraktor mungkin sedikit membingungkan.

Seorang kontraktor atau dikenal juga dengan sebutan pemborong bergelut di bidang properti. Nah, jika Anda ingin menekuni pekerjaan tersebut ada beberapa modal yang perlu Anda persiapkan. Bukan hanya modal uang, namun berbagai modal pendukung lainnya. Berikut ini ada beberapa modal lainnya yang perlu Anda persiapkan untuk menjadi kontaktor pemula.

5 Modal Menjadi Kontraktor Pemula

Jika Anda tertarik menjadi seorang kontraktor, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Khususnya bagi kontraktor pemula yang membutuhkan lebih banyak modal.

1. Memiliki Pengalaman Kerja sebagai Pekerja Kontraktor

Untuk pemula, Anda bisa memulai dengan bekerja di perusahaan kontraktor untuk mendapatkan pengalaman. Misalnya bekerja selama 1 - 5 tahun di perusahaan kontraktor ternama. Hal ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja di bidang properti, sehingga Anda memiliki modal utama untuk benar-benar menjadi kontraktor handal.

2. Bangun Relasi dengan Pihak Luar

Modal selanjutnya yang perlu Anda miliki yaitu relasi dengan pihak luar. Ketika Anda sudah memiliki modal berupa pengalaman, maka jalinlah relasi dengan orang-orang dari berbagai pihak, mulai dari klien, pemasok, hingga arsitek. Pastikan relasi yang Anda bangun benar-benar mampu memberikan keuntungan dan kemajuan untuk usaha kontraktor yang akan Anda jalankan nantinya.

3. Tingkatkan Skill

Jangan berhenti hanya dengan mendapatkan pengalaman kerja sebagai kontraktor perusahaan lain saja. Anda perlu meningkatkan skill Anda dalam bidang tersebut dengan terus belajar atau kursus. Skill tersebutlah yang akan menjadikan modal besar untuk menjadi kontraktor profesional. Teruslah tingkatkan skill melalui berbagai cara, sehingga akan membantu pengembangan usaha Anda.

4. Perluas Bisnis

Lakukan perluasan bisnis dengan mengikuti tender proyek besar atau aktif mencari peluang yang ada. Jangan hanya puas dengan satu proyek, namun teruslah mencari proyek lain yang bisa diajak bekerja sama. Semakin banyak usaha Anda terlibah di dalam proyek-proyek besar, akan semakin membuat usaha Anda dikenal lebih banyak orang hingga perusahaan ternama.

5. Uang

Hal terpenting yang perlu Anda siapkan adalah uang. Dalam membuka usaha baru, uang merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Walaupun dalam praktiknya banyak modal (di luar biaya) yang juga perlu Anda persiapkan. Siapkan uang untuk mendukung usaha kontraktor yang Anda jalankan. Gunakan uang tersebut untuk meningkatkan skill Anda, menjalin relasi, hingga membangun dan mengembangkan usaha.

Sebagai seorang pemula memang perlu banyak modal yang harus dipersiapkan sejak awal agar usaha yang Anda jalankan tetap berkembang dan mengalami kemajuan. Itulah 5 modal jadi kontraktor pemula yang bisa Anda ikuti, baik uang maupun modal lainnya.
Referensi:
http://quantumbioenergi.com/cara-menjadi-kontraktor-pemula-hingga-sukses/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel