Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memulai Bisnis Tour Dan Travel



Bisikanbisnis - Usaha Tour Travel, Biro Wisata di negara kita cukup menggiurkan pasalanya, Indonesia merupakan kawasan yang memiliki tempat wisata yang cukup banyak. Pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Hal ini terlihat dari minat masyarakat untuk bepergian juga semakin meningkat. Bahkan saat ini jutaan masyarakat Indonesia selalu menjadikan liburan adalah suatu kebutuhan pokok yang harus dilakukan.

Bayangkan jika liburan tiba banyak orang traveling kemana mana baik sendirian maupun dalam sekala kelompok. ini merupakan bisnis basah, lebih lebih pemerintah sedang gencar meningkatkan sektor pariwisata.

Sadarkah anda bahwa saat ini penggunaan internet begitu besar dan terus meningkat tak terkecuali dalam dunia bisnis tour travel ini.

Kondisi ini tentu tidak ada salahnya jika anda melirik usaha tour travel, Peluang masih terbuka lebar dan inipun menjadi ladang basah yang makin diminati banyak orang.

Ada berbagai macam cara untuk memulai menjalankan usaha tour travel, dalam kesempatan ini anda harus mengetahui hal hal penting saat anda mau memulai ataupun menjalankan usaha ini. poin penting dalam memulai usaha Tour travel antara lain:

- Memahami Tentang Tiket, Hotel, Kereta
- Harus Memiliki Wawasan Tentang Pariwisata
- Mengetahui sistem Transportasi ( Taxi/ Travel)

Ketiga poin diatas sangat penting ini bertujuan untuk modal diri sendiri paling tidak anda mengetahui seputar Tiket Pesawat, Booking Hotel kemudian sistem Tiket Kereta Api. Pemahaman tentang travel juga harus anda ketahui bagaimana sistem travel dll.

Anda juga wajib paling tidak mengetahui seluk beluk dunia wisata, mulai dari sistem pembayaran paket wisata, kemudian tempat-tempat wisata yang ada di indonesia bahkan di dunia.

Barulah anda memilih dari poin diatas apakah anda mau usaha Tiket, Travel Atau Pariwisata ?

Pengetahuan tersebut merupakan urat nadi dari bisnis tour travel. terus pertanyaan nya Bagaimanakah Cara Mendirikan Bisnis Tour Travel? Akan kita kupas secara detail berikut penjelasan tentang syarat umum mendirikan dan memulai bisnis travel secara Legal.

Modal awal yang harus disediakan :
- Komputer / Laptop / Hp Android
- Internet / Modem
- Printer
- Stampel
- Invoice / Tanda Terima
- Spanduk

Jika peralatan tersebut sudah ada mari kita bahas satu persatu

1. Bisnis Tiket Pesawat, Hotel, Kereta Api
Bisnis Tiket bisa anda jalankan oleh siapa saja dengan modal minimpun juga bisa karena banyak penyedia tiket online menawarkan peluang usaha ini yaitu cukup menjadi member disalah satu agen tiket maka anda bisa berjualan tiket.

Usaha tiket cocok bagi anda yang menginginkan model bisnis mudah, cepat dan aman. Apapun latar belakang pendidikan dan pekerjaan Anda tidak jadi masalah, asalkan mempunyai keinginan kuat, bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja dan dimana saja.

Cukup dengan gadget dengan koneksi internet maka bisnis tiket bisa anda jalankan. Ada banyak agen tiket online yang terpercaya dan memiliki fee yang cukup tinggi. Jadi disarankan anda memilih agen yang sudah ternama. Anda bisa mencari agen tiket online di google disana ada banyak sekali tinggal anda daftar jadi memeber.

2. Bisnis Travel
Usaha Travel memiliki peran penting dalam kelangsungan aktifitas manusia. Banyak pelaku usaha travel terkadang kualahan dengan banjirnya penumpang apalagi di hari-hari tertentu seperti musim lebaran atau libur sekolah

Usaha travel memang lagi booming sekarang bahkan mengalahkan transportasi Bus. Coba lihat fakta banyak penumpang lebih memilih travel dibanding naik Bus karena sedikit perbedaan tarif tapi dengan travel bisa langsung diantar jemput lokasi, beda dengan Bus kita harus beli tiket nunggu lama ngantri terus singgah di terminal pokok nya ribet, Udah itu naik mobil lagi.Kecuali untuk pariwisata memang cocok pakai Bus.

Hal tersebut menjadikan Travel sebagai kebutuhan penumpang nomor satu dibanding Bus khususnya ke daerah daerah luar kota, Travel paling dipilih penumpang.

3. Bisnis Agen Wisata
Bisnis Agen Wisata tidak ada mati nya bahkan dapat meningkat setiap tahun nya. Di indonesia minat untuk berwisata cukup besar karena hampir semua orang ingin berwisata. Keuntungan dari usaha ini bisa dikatakan cukup besar dan wajar saja banyak orang melirik usaha ini.

Jika anda tertarik ingin memulai usaha pariwisata ini lah yang harus dilakukan:

- Cari Lokasi Untuk Kantor
Anda bisa sewa ruko yang letak nya strategis seperti dekat jalan raya, keramaian ini sebagai akses yang baik. Jika anda memiliki rumah yang strategis maka rumah anda bisa disulap jadi kantor.

- Buat Legalitas
Syarat mendirikan Usaha Biro Perjalanan Wisata harus memiliki legalitas hukum seperti : Akte pendirian Perseroan Terbatas, NPWP Perusahaan, Domisili Perusahaan, Surat Izin Tempat Usaha ( HO), Surat izin Sementara / Tetap dari Dinas Pariwisata Pemda Setempat.

- Karyawan
Setelah legalitas sudah diajukan anda bisa merekrut karyawan untuk bagian bagian tertentu seperti Costumer Service, Pemandu Wisata, Administrasi dll. Disarankan untuk menrekrut mahasiswa yang memang jurusan di pariwisata sehingga bisa mendukung usaha anda menjadi maju.