Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Sukses Beternak Bebek

Bisikanbisnis - Usaha ternak bebek menjadi salah satu daya tarik bagi pengusaha pemula maupun profesional, mengapa? Karena usaha ini ini menjadi salah satu kebutuhan pokok.

Disamping daging bebek yang lezat juga telurnya yang padat dengan gizi. Banyak kita jumpai juga para pengusaha makanan menggunakan telur bebek sebagai bahan utamanya sehingga permintaan daging dan telur bebek semakin meningkat.

Usaha ternak bebek banyak digeluti bagi para peternak unggas di samping modal yang tidak terlalu besar dan terjangkau namun dapat memberikan keuantungan yang cukup besar.

Usaha ini juga membutuhkan pemahaman dan pengalaman yang mumpuni karena banyak juga usaha di sektor ini yang tidak berkembang akibat pemahaman yang minim sehingga sulit untuk bertahan apalagi mengembangkan usahanya.

Berikut hal-hal yang dapat dijadikan informasi untuk cara suksek beternak bebek

Lokasi untuk beternak bebek usahakan mencari lahan sewa pertahunnya yang terjangkau serta harus jauh dari pemukiman warga karena bau yang kurang enak dalam aktivitas beternak.

Ketersediaan kandang juga harus diperhatikan misalkan:

Kandang anakan dengan berukuran 1x2 m2 (untuk 50 ekor anakan).

Kandang brower untuk bebek berusia produktif adalah untuk menempatkan bebek jantan dan betina.

Kandang khusus adalah kandang untuk bebek sipa untuk bertelur.

Bibit bebek harus diperhatikan dalam memilihnya,pastikan bibit yang dipilih adalah bibit unggul serta tidak cacat. Pastikan bibit bebek dari indukan bebek yang baik juga dan tidak cacat.

Dalam pemeliharaan bebek juga memerhatikan pakan yang digunakan harus yang mengandung nutrisi yang baik serta memerhatikan kesehatan ternak dan mengonsultasikan ke dinas peternakan bagaimana merawat kesehatan dan pertumbuhan ternak.

Perlunya penggunaaan vaksin agar kesehatan dan pertumbuhan bebek terjaga, hal ini juga harus sesuia arahan dnas peternakan.

Kebersihan kandang juga perlu diperhatikan, upayakan kebersihan kandang terawat 2-3 mingu sekali kandang dibersihkan supaya terhiondar dari limbah bebek yang dikhawatirkan dapat mnegganggu kesehatan bagi ternak maupun pengelola ternak.

Apakah Anda berminta mencoba usaha ini? Semoga tips ini bermanfaat untuk kita memulai usaha ternak bebek adapun informasi lainnya perlu kita gali dan pahami supaya usaha ini dapat berkembang terus dan maju.
(foto bebeklombok.wordpress.com)