Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 Contoh Usaha Setelah Pensiun paling Oke

Contoh usaha setelah pensiun (gettyimage)
Apa saja contoh usaha setelah pensiun? Ketika masa pensiun tiba bukan berarti harus berdiam diri meski kita sudah mapan dengan keadaan finansial.

Justru ketika masa pensiunan itu tiba banyak yang mengisi rutinitas dengan membuka usaha / berbisnis sampingan atau sekedar meluangkan hobi yang bisa menghasilkan, walaupun yang awalnya ia PNS atau Swasta.

Pensiun merupakan peraturan baik swasta maupun PNS jika sudah diusia 55-60 tahun. 

Sebagian besar peluang usaha bagi pensiunan yang paling cocok dilakoni yaitu sesuai hobi misalnya jika anda hobi bertanam bisa usaha bibit, bunga hias dll. Atau yang hobi ternak biasanya piara burung dan dijadikan usaha sampingan.

Tidak ada paksaan yang mengharuskan seseorang untuk bekerja setelah masa pensiun nya tiba.

Namun fakta nya di negara kita masa pensiun adalah masa berekspresi di dunia usaha, walaupun sekedar meluangkan hobi.

Contoh Usaha Setelah Pensiun

Di artikel ini tersaji contoh usaha bagi pensiunan PNS ataupun swasta. Sedangkan sistem pada prakteknya adalah usaha apa yang cocok untuk Anda setelah pensiun? 

Jika anda akan pensiun dan ingin memiliki kegiatan yang tidak menguras waktu dan tenaga, karena pengerjaanya di lakukan oleh karyawan Anda, anda cukup sebagai pemilik yang mengkonsep bisnis. Berikut usaha yang cocok untuk pensiunan

1. Budidaya Tanaman atau Ternak

Usaha setelah pensiun cocok budidaya tanaman atau ternak. Jika Anda sudah memiliki modal pensiun, gunakan modal tersebut untuk membuka bisnis baru seperti budidaya tanaman hias atau ternak seperti ternak lele, sapi, kambing, dan sebagainya.

Jika fisik Anda sudah tidak kuat bekerja secara maksimal, Anda bisa memperkerjakan karyawan. Paling cocok usaha di bidang budidaya tanaman hias seperti koleksi aneka bonsai untuk ikut kontes atau semacamnya.

2. Bisnis Properti

Anda juga bisa menekuni bisnis properti di usia pensiun. Selama ini usaha properti banyak mendatangkan keuntungan besar bagi pemiliknya.

Bisnis ini juga cenderung mudah dilakukan karena bisa dilakukan di rumah sambil bersantai. Misalnya penyewaan gedung, kendaraan, mesin, dan properti lainnya, sehingga Anda bisa memperoleh penghasilan hasil dari penyewaan properti tersebut.

3. Membuka Bimbingan Belajar (Bimbel)

Apakah Anda termasuk orang yang suka mengajar? Jika Ya, Anda bisa memanfaatkan waktu tua Anda dengan memberikan bimbingan belajar (bimbel) di luar sekolah kepada anak-anak yang membutuhkan pelajaran tambahan.

Jika Anda tidak ingin mengajar anak-anak secara langsung, Anda bisa memperkerjakan guru atau tutor lain untuk mengajar dan Anda sebagai pemiliknya.

4. Membuka Toko Online

Sudahkan Anda memiliki tabungan atau dana pensiun dari hasil kerja Anda sebelumnya? Jika Ya, kini saatnya menggunakan tabungan tersebut untuk membuka usaha.

Anda bisa membuka toko online sendiri dengan brand atau produk yang Anda jual. Jika modal yang Anda miliki dirasa belum cukup untuk membuka bisnis online, Anda bisa memulai dengan menjadi reseller atau Dropshipper, sehingga modal yang Anda keluarkan lebih sedikit.