6 Cara Mengatasi Salon Sepi jadi Ramai

Tips salon sepi agar ramai (Foto tresemme.com)
Setiap usaha memang terkadang ramai dan sering juga sepi pelanggan, karena itu hal lumrah bisnis apapun yang dijalankan sudah pasti akan mengalami pasang surut pemasukan.

Omset kadang naik kadang pula turun drastis yang disebabkan oleh berbagai aspek seperti misalnya lagi musim libur, karena persaingan atau bahkan karena kesalahan kita sendiri.

Tidak ada pemilik usaha atau bisnis yang sudi dan betah ketika lapak bisnis nya sepi, contoh yang akan kita bahas ini tentang cara mengatasi salon sepi pelanggan.

Salon memang rata rata sepi kalau lagi jam kerja, biasanya salon akan ramai saat akhir pekan.

Kalau misalnya salon kita tetap sepi padahal tidak ada sebab berarti perlu ada pembenahan didalam manajemen, ada tips nih dari bisikanbisnis.com bagi anda yang ingin mengatasi salon sepi agar ramai kembali. Berikut penjelasan nya.

Cara Mengatasi Salon Sepi

Usaha salon adalah jasa yang menawarkan kecantikan, wanita yang datang ke salon sudah pasti ada sesuatu yang ingin dipercantik, mulai dari creambath, facial, hair spa, smoothing, makeup dan lain sebagainya.

Pertanyaan yang mendasar kenapa salon kita sepi? Apakah pelayanan kurang bagus? Harga terlalu mahal dan tidak sesuai dengan kualitas? Cara agar salon tidak sepi sebagai berikut:

1. Tingkatkan pelayanan

Banyak hal yang perlu dibenahi masalah pelayanan, usahakan semua pelayanan anda tidak mengecewakan pelanggan.

Karena usaha salon sifatnya seleksi alam kalau pelayanan buruk maka jangan harap pelanggan akan datang kembali, malah salon mu akan jadi buah bibir.

2. Analisa Tarif

Kita harus tahu masalah tarif jangan terlalu tinggi, kalau disekitar anda banyak salon cobalah bandingkan harga, jangan jangan tarif salon mu diatas rata rata.

Jangan samakan tarif salon kita dengan tarif salon kelas elit, kecuali salon kita khusus untuk kelas menengah keatas.

3. Lihat Kelayakan

Maksudnya kalau salon kita sepi coba perhatikan apakah kelayakan salon kita sepenuhnya ada, misal kebersihan, keadaan ruangan, alat yang dipakai jorok apa tidak? Kalau itu disiasati berarti salon kita layak ramai pelanggan dong.

4. Manjakan Pelanggan

Perlu diketahui bahwa zaman sekarang, pelaku usaha salon tidak mesti harus mengandalkan pelanggan yang datang karena kemajuan teknologi dan persaingan membuat pebisnis salon perlu memanjakan pelanggan dengan datang ke rumah.

Contoh nya makeup, banyak orang membutuhkan jasa makeup di lapangan, anda bisa menyiasati ini dengan mendidik tenaga terampil anda untuk menjangkau pelanggan dimana pun berada.

5. Selektif pada Karyawan

Karyawan adalah ujung tombak usaha salon kita, ramai atau sepi tergantung dari karyawan. Maka perlu dibenahi karyawan harus selektif dan teliti, agar keahlian sesuai bidang bisa maksimal.

Kalau misal karyawan A spesialis Creambath saja jangan sekali-kali menangani makeup, hasil sudah pasti tak maksimal dan pelanggan tidak percaya lagi, kalau demikian wajar saling kita sepi.

6. Promosi di Sosial Media

Promosi di sosial media dapat mendatangkan pelanggan, apalagi promosi anda bagus.

Misal diakhir pekan cobalah berpromosi dengan menawarkan Diskon kepada pelanggan anda.

Paling jitu promosi saat ini adalah di market place Facebook. Jangan lupa Lokasi Salon anda update di google maps, banyakin foto di google maps agar pelanggan baru tertarik mampir.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel