7 Resiko dan Kelemahan usaha Cafe

Usaha cafe adalah suatu bisnis yang memiliki omset tinggi jika sudah banyak pelanggan tetap. Namun di satu sisi banyak pula pelaku usaha cafe gulung tikar alias bangkrut karena sepi pengunjung. Itulah kenapa kita perlu pengetahuan yang memadai tentang apa kelemahan usaha cafe? Resiko usaha cafe apa saja?

Banyak pebisnis pemula, hanya melihat usah cafe dari satu sisi saja, usaha yang bergengsi dan terkesan modis ini sering di elu elukan, Padahal faktanya tak seindah yang difikirkan. Perjuangannya lama dan selalu terdampak ketika pacsa launching pelanggan tak ada yang datang. Hening dan sunyi, aneka minuman tak terjamah hingga karyawan resaind satu persatu karena bete tak ada pelanggan yang datang.

Resiko dan Kelemahan usaha Cafe
 
Kelemahan usaha cafe (foto @momoice6499)
Artikel ini mengulas kelemahan dan resiko usaha cafe pada dasarnya bukan untuk menghentikan semangat wirausaha, ada wawasan yang ingin anda ketahui karena hakikatnya, berbagi pengetahuan untuk antisipasi agar usaha cafe yang kita jalankan nanti dapat diminimalisir kerugian nya, yaitu dengan mengetahui resiko dan kelemahan bisnis Cafe itu sendiri. Berikut ulasan tentang resiko dan kelemahan usaha cafe

Resiko Usaha Cafe

Resiko usaha cafe sebetulnya bisa difahami secara mudah tanpa perlu pengetahuan khusus, karena cafe basicnya adalah kuliner. Jadi hampir sama dengan resiko usaha kuliner lainnya, hanya saja ada poin penting yang jadi resiko utama usaha cafe yaitu
  • Manajemen Bahan ruwet
  • Harus selalu ready Menu
  • Ramai saat Grand Opening
  • Selalu serba salah dengan stok menu
Dari poin tersebut kelemahan usaha cafe memang seperti itu, Jika menu sudah jadi andalan maka harus selalu ready meskipun pembeli tidak ada. Resiko cafe selanjutnya yaitu Sangat ramai pada saat Grand Opening setelah itu sepi kemudian, tinggal lah kesunyian. Yang paling terasa adalah pada stok menu, misal menu minuman yang tersaji di brosur tidak ready pelanggan tak akan datang karena cafe kita di cap tidak lengkap.

Kelemahan Usaha Cafe

Kelemahan usaha cafe mungkin anda akan sependapat bahwa, setiap usaha ada kelemahan. Namun secara spesifik kelemahan usaha cafe adalah sebagai berikut:
  • Perlu Modal Besar
  • Harus ada WiFi gratis
  • Dijadikan tempat nongkrong lama
  • Harus tersedia Ruang merokok
  • Lokasi harus strategis
  • Segala aksesoris harus update
  • Fasilitas kurang, pelanggan ogah datang kembali
Itulah 7 poin kelemahan usaha cafe yang mestinya diketahui agar kita bisa mengatasi tentu diperlukan persiapan yang matang agar resiko dan kelemahan tersebut bisa diatasi, tentunya dengan melakukan berbagai inovasi. Jika mampu menyiasati resiko dan kelemahan tersebut berarti anda memang mampu dan siap sukses di dunia per kafean. Semoga menambah wawasan kita bersama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel