11 Usaha Rental yang paling Menguntungkan

Jika mendengar kata rental pasti yang dibenak kebanyakan orang adalah rental mobil, atau sejenis kendaraan lainnya, padahal jenis usaha rental tidak hanya tentang kendaraan tetapi bisa berupa mainan atau pakaian.

Usaha rental atau sewa merupakan usaha yang menyediakan jasa dari prodak yang ditawarkan seperti mobil, motor, pakaian adat, playstation, camera dan lain sebagainya. Jadi secara sederhana barang-barang tersebut nanti digunakan oleh orang lain dalam jangka waktu tertentu dengan adanya nya imbalan sesuai kesepakatan.

Semakin banyak barang anda yang disewa maka akan semakin banyak pula penghasilan anda. Namun perlu anda ingat bahwa menjalankan usaha sewa menyewa ini memang mudah untuk dijalankan tetapi sebenarnya memilki resiko yang tinggi seperti kerusakan atau kehilangan.
 
contoh usaha sewa kipas angin air (foto rentalkipas.com)
Jadi sebelum memulai usaha jasa sewa ini lebih baik anda mengetahui informasi mengenai seluk beluk usaha ini, agar nantinya anda tidak mengalami kerugian. Berikut adalah jenis usaha sewa menyewa yang bisa anda coba sesuai dengan pontensi di daerah anda.

1. Rental Mobil

Usaha rental mobil ini peluangnya masih sangat besar, apalagi daerah tempat tinggal anda adalah daerah tujuan wisata, sudah pasti banyak konsumennya. Biasanya orang yang rental mobil adalah wisatawan yang datang rombongan dengan menggunakan kendaraan umum, sehingga dengan merental mobil mereka lebih puas untuk menjelajahi objek wisata.

Ada dua sistem ketika rental mobil, yaitu menyediakan driver atau lepas kunci. Sedangkan untuk waktu penyewaan bisa per jam, per hari, per minggu atau bahkan per bulan. Tapi anda harus ingat lagi seperti apa resiko yang bisa saja anda alami ketika memberikan waktu sewa mulai dari per jam hingga per bulan.

2. Rental Motor

Tidak kalah dengan mobil, rental motor juga masih banyak peminatnya karena terkadang wisatawan tidak semua bisa mengendarai mobil sehingga lebih memilih untuk rental motor. Alasan lain mengapa orang lebih memilih motor adalah karena akses wisata yang hanya bisa dilalui oleh motor dan juga pastinya harga lebih murah dibandingkan sewa mobil.

Jadi bagi anda yang akan membuka usaha rental motor, namun di dekat anda sudah ada rental mobil dan anda takut bahwa usaha anda nantinya akan kalah saing. Anda jangan khawatir karena kebutuhan dan selera orang berbeda-beda.

3. Rental Playstation (PS)

Puluang usaha ini juga masih sangat terbuka karena pengguna dari PS ini dari kalangan usia anak-anak hingga orang dewasa, jadi pangsa pasarnya sudah pasti. Anda bisa merentalkan PS mulai dari PS 2, PS 3, PS 4 dan PS 5.

Modal usaha PS ini tidaklah sedikit, jadi bagi anda yang memiliki dana terbatas anda tidak perlu dulu sewa tempat karena anda bisa memanfaatkan ruangan di rumah anda untuk dijadikan sebagai tempat rental PS. Hal terpenting dari ruangan PS ini adalah nyaman artinya bersih dan ada kipas anginnya agar konsumen anda tidak kepanasan.

4. Rental Camera

Camera ini masih sangat dibutuhkan ketika sedang melakukan wisata karena pastinya setiap momen harus diabadikan menggunakan camera. Namun tidak semua orang memilki camera mengingat harganya juga tidak murah jika ingin camera yang canggih. Jadi daripada beli mending sewa karena tidak setiap saat camera tersebut digunakan.

Jika anda ingin menjalankan usaha ini pastinya anda harus membeli camera, tidak masalah jika camera yang anda beli second, namun harus memilki kualitas yang bagus. Agar usaha anda dikenal oleh orang lain maka anda bisa melakukan promosi melalui media sosial.

5. Rental Bus Pariwisata

Rental Bus pariwisata memang membutuhkan modal yang sangat besar karena harga Bus tentu lebih mahal dibandingkan dengan harga mobil pribadi. Jenis Bus pariwisata banyak jenisnya seperti mini bus, medium Bus, junior Bus dan big Bus. Perbedaanya tentu dari kapasitas penumpangnya.

Besaran modal yang anda keluarkan untuk memulai usaha ini tentu akan seimbang dengan hasilnya, karena sewa 1 Bus saja dapat mencapai 3 juta per harinya. Namun besaran sewa tentu tergantung pada jenis Bus dan fasilitas yang diberikan.

6. Rental Studio Musik

Musik memang tidak pernah memandang yang namanya usia, karena mulai dari anak-anak hingga orang tua sangat suka yang namanya musik. Apalagi sekarang ini banyak sekali kelompok band mulai dari hanya sekedar hobi hingga sebagai profesi.

Rental studio musik ini berpeluang sangat besar karena hanya sedikit band pemula yang memilki studio musik sendiri. Selain itu pangsa pasar dari studio musik ini adalah anak-anak sekolah yang memang notabene ada ekskul bidang musik. Jadi jika mereka menginginkan latihan tambahan mereka akan sewa studio musik.

7. Sewa Tenda

Jenis usaha ini tidak pernah sepi, karena pasti ada saja orang yang membutuhkan tenda seperti untuk resepsi, acara pengajian hingga yang berduka cita. Banyaknya kebutuhan tersebut dapat anda jadikan sebagai peluang usaha.

Agar usaha mendapat banyak pelanggan, maka anda harus menyewakan berbagai jenis tenda tersebut mulai dari yang kecil hingga yang besar. Nah, khusus untuk tenda pernikahan tentunya anda harus menyiapkan perlengkapan lainnya seperti kursi, prasmanan dan lainnya.

8. Sewa Lapangan Olahraga

Lapangan yang sering disewakan adalah lapangan futsal, basket dan lapangan bulu tangkis. Anda bisa menyewakan salah satu jenis lapangan atau bahkan semuanya. Untuk memulai usaha ini anda harus memiliki perencanaan yang matang karena modalnya saja tidak sedikit.

Jika anda sudah memulai usaha ini, hal terpenting adalah anda harus memberikan fasilitas terbaik agar usaha anda menjadi pilihan utama bagi konsumen. Pada langkah awal, anda bisa melakukan promo seperti potongan harga bagi pelajar atau membuat member secara gratis.

9. Sewa Pakaian

Biasanya sewa pakaian yang paling banyak adalah pakaian adat, kebaya dan jas. Artinya yang paling banyak dibutuhkan adalah pakaian formal yang jarang digunakan, jadi konsumen berfikir dari pada membeli pakaian dan hanya dipakai sekali lebih baik mereka menyewa saja.

Pendamping usaha sewa ini yang paling cocok adalah usaha salon kecantikan seperri make up. Bisanya usaha sewa anda akan semakin laris ketika dipaketkan dengan make up karena ketika menggunakan pakaian formal pastinya konsumen menginginkan menjadi lebih cantik.

10. Sewa Properti

Jenis properti yang bisa anda sewakan seperti gedung, ruko, apartemen, kontrakan atau kos-kosan. Peluang usaha ini sangat menjanjikan apalagi di daerah perkotaan atau tempat yang strategis.

Kebutuhan atas bangunan properti tersebut sangat besar dan tidak diimbangi dengan banyaknya bangunan. Contohnya saja kos-kosan yang tidak ada matinya apalagi di bangun di daerah kampus, yang mana banyak mahasiswa yang berasal dari luar daerah.

11. Sewa Alat Outdoor

Alat outdoor atau alat camping yang paling dibutuhkan adalah tenda. Sediakan berbagai ukuran tenda seperti untuk 2 orang hingga 10 orang. Semakin banyak jenis ukuran maka akan semakin banyak peminatnya. Biasanya sewa tenda ini dibandrol dari harga Rp 40.000 hingga Rp 100.000 tergantung pada ukuran dan lamanya sewa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel