4 Sumber Pendapatan Bisnis Media Online portal Berita

Setiap orang yang punya modal mungkin pernah terbesit ingin ikut berkecimpung di bisnis media online seperti Portal berita yang selalu kita baca setiap waktu. Dalam konsep bisnis pastinya kita akan menganalisa terkait hal tersebut yaitu:

Berapa Pendapatan Media Online?

Dari mana Sumber pendapatan media online?

Berapa Modal buat Media Online?

4 Sumber Pendapatan Media Online

Berdasarkan realita yang ada, Saat ini pebisnis media online terus mengalami peningkatan, terbukti banyak portal media online baru bermunculan yang menghiasi jagat berita di internet Indonesia. Tahukah anda saat ini Ada ribuan media online di Indonesia, Kenapa bisa menjamur sebanyak itu?

Tentu alasan nya Karena faktor Pendapatan atau Keuntungan yang didapat dari bisnis media online itu besar. Apakah anda tertarik terjun di Bisnis media online? Perhatikan, Uraian singkat dibawah ini. Darimana saja sumber pendapatan bisnis media online? Berikut Ulasannya

1. Pendapatan Dari Kerjasama

Sumber pendapatan media online yang pertama ialah dari kerjasama. Setiap media online berita akan melakukan kerjasama baik dengan lembaga atau pemerintahan. Jika media online sudah bekerjasama berarti ada feedback berupa paket bulanan atau tahunan.

Contohnya pemerintah daerah bekerjasama dengan media online kita dengan kontrak 1 tahun dengan nilai kerjasama Puluhan Juta. Makanya setiap ingin mendirikan media online baru harus memiliki team yang pandai memiliki koneksi ke pemerintah daerah ataupun keberbagai lembaga.



2. Pendapatan Dari Advertise / Pengiklan

Sumber Pendapatan perusahaan media online selanjutnya berasal dari Pengiklan (Advertise). Contoh nya Iklan artikel berupa produk tertentu. Kita sering menjumpai berita yang sifatnya persuasif yang mengulas produk tertentu, mengajak pembaca tertarik untuk membeli. Dalam dunia online pemasukan jenis ini adalah Iklan Advertoal.

3. Pendapatan Dari Investigasi

Sumber pendapatan media online yang ketiga berasal dari Investasi yang dilakukan oleh Crew (Wartawan). Pemasukan yang didapat ketika perusahaan mampu menginvestasi suatu kasus korupsi (Intrik).

Bukan Rahasia umum ketika media online mampu menemukan celah KKN dari oknum pejabat akan berdampak pada kredibilitas media online nya. Jika sudah terbiasa menginvestasi kasus sebuah media online akan mendapatkan pemasukan dengan sistem kerjasama atas prestasi yang dilakukan. Biasanya akan dilakukan kerjasama sesuai prosedur hukum.

4. Pendapatan Dari Iklan Google

Sumber pendapatan media online yang keempat yaitu dari iklan google. Pendapatan dari google adalah yang paling diincar oleh pebisnis media online karena nilai pendapatan nya besar.

Jika media online sudah memiliki Popularitas dan pembaca yang banyak maka nilai pendapatan bersumber dari iklan google yang dihitung berdasarkan per klik. Rata - rata nilai 1 klik iklan google itu berkisar antara Rp 500 sampai dengan Rp 12.000 bahkan lebih.

Jika dalam 1 hari pengunjung / pembaca media online kita 10.000 bisa dipastikan asumsi klik iklan nya sebanyak 5.000 klik. Kalikan saja dengan nilai 1 klik nya. Seperti situs media online Nasional yang memiliki jutaan pengunjung perhari sangat mudah mendapatkan pemasukan besar dalam 1 bulan nya.

Itulah ulasan sumber pendapatan (Pemasukan) media online. Jika anda berminat terjun di bisnis media online sebaiknya tidak usah ditunda. Apalagi kalau modal sudah ada. Urus Legalitas perusahaan kemudian cari partner untuk memulai nya. Partner mendirikan media online contoh nya team IT, Team Jurnalis hingga Koneksi ke berbagai lembaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel