5 Tips Jitu Membuka Usaha Sendiri Setelah Menikah

Setiap pasangan yang akan menikah pasti memiliki rencana untuk masa depan. Salah satu rencana yang harus dipersiapkan adalah yang berkaitan dengan finansial karena setelah menikah pasti kebutuhan akan semakin meningkat.

Bagi pasangan yang sudah memilki pekerjaan tetap dan dengan gaji yang mendukung tentu tidak terlalu pusing, namun bagaimana dengan pasangan yang masih berusaha merintis sejak awal dan belum memiliki penghasilan yang cukup.

Nah, jika hal finansial yang kurang mendukung terjadi kepada anda, maka anda tidak perlu terlalu pusing karena anda masih memiliki opsi lain yaitu dengan membuka usaha sendiri, yang bisa anda mulai dari rumah atau dengan menyewa ruko jika anda memiliki dana yang cukup.
 

Ada beberapa tips bagi anda yang memiliki rencana dengan pasangan untuk membuka usaha sendiri, agar anda dan pasangan mampu bersaing dengan usaha lainnya dan bahkan dapat mengembangkan usaha menjadi lebih besar lagi.

Tips 1: Tentukan Jenis Usaha

Untuk memilih jenis usaha ini anda bisa melihat potensi diri anda sendiri, artinya anda bisa membuka usaha sesuai dengan fashion anda atau sesuai dengan apa yang anda sukai. Memilih jenis usaha berdasarkan fashion akan membuat anda enjoy menjalankan usaha tersebut.

Misalkan anda memiliki skill atau fashion di bidang kuliner, maka anda bisa mencoba membuka usaha di bidang catering, atau rumah makan. Masalah peluang usaha kuliner ini tentu sangat menjanjikan apalagi jika anda mendapatkan order dari acara hajatan seperti pernikahan atau sunatan, maka anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih.

Kunci dari usaha kuliner ini terletak pada rasa dan pelayanan. Anda harus menciptakan rasa yang berbeda dan pelayanan yang berbeda. Maka dijamin usaha anda akan cepat dikenal oleh orang lain dan tentunya akan cepat berkembang.

Tips 2: Komitmen

Hal ini sangat penting sekali dimiliki oleh seorang calon pengusaha sukses, karena tanpa komitmen maka usaha anda bisa saja bubar ditengah jalan. Membuka usaha jangan ikut-ikutan atau hanya sekedar tren karena hal tersebut justru akan merugikan anda sendiri.

Jika anda memiliki komitmen ketika akan menjalankan sebuah usaha, maka apapun kesulitan yang anda hadapi nantinya akan mudah untuk diselesaikan sehingga terasa cobaan yang memberikan hikmah. Hal ini tentu berbeda dengan orang yang hanya mengikuti tren, ketika ada masalah maka berfikir untuk menyudahi usaha yang sudah dijalankan.

Salah satu bentuk bahwa anda memiliki komitmen atau keinginan yang besar untuk memulai usaha, anda pasti akan memulainya dengan riset atau survei kecil-kecilan untuk menambah pengetahuan anda tentang dunia usaha.


Tips 3: Business Plan

Semua usaha tentu berawal dari Businiss Plan agar usaha anda teratur dan terukur. Kondisi sebuah bisnis dapat dilihat dari perencanaannya, semakin matang perencanaannya maka usaha anda akan semakin jelas tujuannya.

Contoh dari perencanaan yang matang adalah anda sudah mengetahui seluk beluk usaha yang akan anda jalankan, misalnya mengetahui resiko usaha, cara pengembangan, untung ruginya, kelebihan dan kekurangan usaha dan bahkan sampai kepada cara mengatasi masalah sebuah usaha.

Tips 4: Mampu Melihat Peluang

Maksud dari mampu melihat peluang adalah anda mengetahui bagaimana pasar dan terget usaha anda serta mampu membaca lokasi strategis untuk dijadikan sebagai tempat usaha. Mampu melihat peluang ini sangat penting agar anda tidak asal buka saja tetapi dibuka atas dasar kebutuhan masyarakat.

Tips 5: Jangan Menyerah

Ketika anda sudah memilki komitmen, saya yakin anda tidak akan menyerah ketika usaha anda mengalami masalah. Masalah pasti ada di setiap usaha, tetapi anda sebagai orang yang memiliki komitmen dan perencanaan yang matang tentu anda tidak akan mudah untuk menyerah.

Anda harus tau bahwa semua usaha dimulai dari tangga paling bawah agar dapat mencapai sebuah kesuksesan. Nah, seiring jalan ketika anda menapaki tangga tersebut pasti ada kerikil atau bahkan angin kencang yang akan membuat anda goyah, maka anda harus tetap jangan menyerah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel