5 Tips Memilih Gudang Untuk Usaha

Suatu perusahaan terkadang membutuhkan yang namanya gudang untuk menyimpan stok barang dalam jangka waktu tertentu yang akan disalurkan ke pelanggan atau agen-agen yang sudah bekerjasama.

Kebutuhan penyimpanan barang di gudang sangat dibutuhkan, apalagi perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang besar. 

Namun terkadang meskipun sudah menjadi perusahaan yang besar tetapi luas penyimpanannya tidak sebanding dengan jumlah yang disimpan.

Agar prodak yang anda miliki tidak menjadi numpuk sehingga menjadikan pelayanan yang kurang maksimal, maka lebih baik anda menyewa gudang.

Tips Sewa Gudang untuk Usaha
 
Untuk gudang sendiri tidak harus dekat dengan lokasi usaha anda dan tidak juga terlalu jauh karena jika pelanggan atau agen membutuhkan barang maka mereka bisa langsung ke gudang.

Ada beberapa tips untuk memilih gudang yang akan dijadikan usaha agar usaha anda akan semakin berkembang.

1. Lokasi Gudang

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah letak atau lokasi gudang yang akan anda sewa. Pertimbangan yang paling penting untuk memilih gudang usaha adalah aksesnya.

Carilah gudang yang aksesnya mudah agar memperlancar keluar masuknya kendaraan.

Selain itu pertimbangkan juga fungsi anda menyewa atau membeli gudang.

Jika gudang tersebut untuk menyimpan barang mentah, maka lebih baik dekat dengan pabrik pengolahan agar ongkos transportasinya juga lebih murah.

2. Harga Sewa/Beli

Untuk melihat harga sesuai atau tidaknya, anda bisa membandingkan dengan lokasi, lingkungan atau kualitas bangunan itu sendiri.

Jika tidak sesuai maka lebih baik anda mencari alternatif lainnya.

3. Konstruksi Bangunan Gudang

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena akan mengangkut keamanan dan kenyamanan anda ketika menggunakan gudang tersebut.

Pilihlah gudang yang kokoh dengan kondisi tiang pancang dan lantai cor dengan tinggi didinding minimal 9 meter.

Selain itu juga, gudang yang akan anda sewa harus memiliki ruang yang cukup luas agar ketika anda penambahan prodak anda tidak perlu bingung tempat untuk meletakkannya. 

Ada hal lain lagi yang dianggap sepele namun sangat penting adalah sumber cahaya gudang itu sendiri.

4. Keamanan Gudang

Hal ini tidak boleh anda remehkan karena kejahatan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja termasuk di gudang tempat usaha anda.

Agar anda tau apakah gudang yang akan anda sewa tersebut aman atau tidak, anda bisa menanyakannya dengan masyarakat sekitar karena jika ditanya dengan pemilik tentu tidak akan jujur karena takut gudangnya tidak laku.

5. Status Gudang

Sudah banyak kasus penipuan yang terjadi termasuk dalam hal bangunan yang disewa. 

Misalnya gudang tersebut masih disewa oleh orang lain dan waktunya belum selesai, tetapi karena pemiliknya memiliki masalah atau tujuan lain maka gudang tersebut disewakan kembali tanpa memberi tahu penyewa sebelumnya.

Jika hal tersebut terjadi kepada anda, maka akan menjadi masalah sehingga usaha anda akan terhambat. Apalagi anda sudah terlanjur membayar sewa sari gudang tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel