8 Jenis usaha di Daerah Pegunungan

Tidak dapat dipungkiri bahwa keadaan geografis Indonesia terdiri dari daerah dataran rendah dan dataran tinggi yang sering kita kenal adalah daerah pegunungan. Meskipun daerah pegunungan bukan berarti tidak ada penduduknya.

Penduduk di daerah pegunungan memang tidak sebanyak penduduk di daerah datar, karena di daerah pegunungan tidak semua lahan dapat dijadikan sebagai tempat tinggal karena dilihat dari kondisi lahannya yang tidak rata yang tentunya menjadi kesulitan tersendiri jika akan membangun rumah.

Peluang Usaha di Pegunungan
 

Tipe permukiman di daerah pegunungan biasanya menyebar, berbeda jika anda melihat di daerah pantai yang tipe permukiman nya memanjang mengikuti garis pantai. Masyarakat daerah pegunungan bukan berarti masyarakat yang tertinggal, terbukti mereka juga bisa berkembang dengan berbagai jenis usaha yang tentunya cocok dengan kondisi alamnya.

Nah, jika anda salah satu orang yang tinggalnya di daerah pegunungan, anda wajib coba salah satu usaha berikut ini agar anda semakin berkembang.

1. Usaha Wisata

Yang namanya wisata pasti cakupannya masih sangat luas karena ada banyak jenis wisata. Nah, karena ini untuk daerah pegunungan maka anda bisa membuka wisata seperti outbound. Wisata outbound ini biasanya sangat digemari oleh mereka yang tinggal di daerah perkotaan yang menginginkan suasana yang berbeda yaitu suasana yang bernuansa alam.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan di wisata outbound seperti acara keluarga, acara kampus dan lainnya. Sehingga target pasar yang sudah pasti ini menjadikan sebuah peluang usaha bagi anda yang tinggal di daerah pegunungan.

2. Usaha Penginapan

Karena sudah ada wisata, maka usaha pendamping yang cocok adalah usaha penginapan. Mengapa demikian? Karena biasanya wisatawan yang datang dari jauh tidak puas jika menikmati wisata hanya dalam sehari karena hanya capek diperjalanan sehingga mereka ingin waktu yang lebih yaitu dengan menginap.

Memang jika menginap di sebuah wisata bisa mendirikan tenda, namun hal ini tidak semua suka karena lebih ribet dan kurang nyaman apalagi bagi mereka yang membawa anak-anak. Untuk itu kehadiran penginapan ini sangat penting karena bisa jadi pertimbangan bagi wisatawan yang datang dari jauh.

3. Usaha Jasa Foto

Masih berkaitan dengan wisata, wisatawan yang datang pastinya akan selalu meng - abadikan semua kegiatan selama wisata. Memang sekarang sudah ada namanya Handphone dan kamera yang bisa dibawa untuk berfoto. Namun jika menggunakan jasa foto maka hasilnya akan lebih bagus dan tentunya semua orang bisa di foto tanpa harus ada yang tertinggal.

4. Usaha Kuliner

Ketika wisata tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas daerah wisata tersebut. Untuk itu bagi anda yang akan membuka usaha Kuliner anda harus memiliki perencanaan yang matang tentang usaha Kuliner apa saja yang akan anda jual.

Karena ini adalah daerah pegunungan maka yang paling cocok adalah jenis makanan dan minuman yang sifatnya menghangatkan seperti kopi, bandrek dan lain sebagainya. Dengan adanya Kuliner yang khas maka wisatawan akan semakin nyaman menikmati wisata yang sejuk dan asri.

5. Wisata Perkebunan

Wisata perkebunan di daerah pegunungan memang tidak asing lagi. Namun biasanya ini tidak bisa dijalankan secara individu namun membutuhkan banyak orang, mungkin satu desa yang merencanakan wisata perkebunan ini, selain masyarakat mendapatkan hasil dari perkebunan tersebut, tetapi masyarakat juga mendapatkan hasil dari segi wisatanya.

Wisata perkebunan yang paling cocok di daerah pegunungan adalah kebun teh, biasanya ketika melihat perkebunan teh rasanya menenangkan dan terasa sejuk karena melihat pemandangan yang hijau sehingga wisatawan pun akan semakin betah. Sebagai nilai tambahan lagi anda bisa menyediakan fasilitas memetik teh agar wisatawan merasakan pengalaman yang lebih.

6. Wisata Ternak

Biasanya di daerah pegunungan sangat cocok untuk ternak kuda, sapi, domba dan lainnya. Konsep dari wisata ternak ini adalah anda memberikan edukasi kepada wisatawan atau anak-anak. Misalnya anda menyediakan fasilitas untuk memberi makan kuda, sapi dan domba. Atau mungkin jika sapi yang anda ternak adalah sapi perah maka anda bisa memberikan fasilitas tambahan yaitu memberikan kesempatan wisatawan untuk memerah susu sapi secara langsung.

7. Tour Guide

Jasa Tour Guide ini sangat dicari bagi wisatawan yang datang dari jauh atau bagi mereka yang belum paham daerah wisata. Sungai dari tour guide ini adlah sebagai penunjuk arah, menjelaskan tentang objek wisata atau bahkan memberi tahu apa saja larangan yang tidak boleh dilakukan di daerah wisata.

8. Usaha Sembako

Kebutuhan sembako sudah pasti sangat penting kalau membuka usaha sembako sepetinya pilihan yang cukup bagus pertimbangkan saja pilihan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel