8 Jenis Usaha Kerajinan yang Paling Laku di Pasaran

Sebuah usaha tidak hanya mengandalkan modal saja, tetapi ada usaha yang mengandalkan kreativitas sehingga dapat menciptakan hal yang baru dan tentunya memiliki nilai jual tinggi hanya dengan modal kecil, sehingga dapat dipasarkan luas seperti usaha kerajinan.

Menciptakan barang yang kreatif seperti kerajinan tangan dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Kerajinan tangan dapat diartikan secara luas, artinya kerajinan itu tidak hanya sebatas bahan mentah yang kita olah menjadi produk jadi seperti plastik yang dijadikan kerajinan tas.
 

Usaha Kerajinan yang Paling Laku

Ada banyak sekali Contoh kerajinan, namun yang paling laku dan laris dibeli Hanya kerajinan tertentu saja. Produk kerajinan yang mudah laku dapat berupa merangkai bahan yang sudah jadi sehingga menghasilkan sesuatu yang unik dan memiliki nilai. Contohnya merangkai bunga atau merangkai kreasi mahar.

Jadi bagi anda yang memilki hobi membuat kerajinan tangan, maka bisa anda jadikan sebagai peluang usaha yang cukup menguntungkan karena banyak peminatnya, apalagi kerajinan yang anda buat adalah kerajinan yang sering dicari-cari ketika ada acara besar seperti souvenir. Berikut adalah usaha kerajinan yang menguntungkan karena banyak pembeli nya:

1. Kerajinan Lilin Aromaterapi

Jenis bisnis ini sangat banyak dan mudah laku banyak diminati sehingga dapat anda jadikan sebagai peluang. Kerajinan ini dapat dijadikan sebagai souvenir, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan pangsa pasarnya. Agar anda dapat menjalankan usaha ini, maka anda harus melakukan eksperimen atau banyak percobaan karena anda akan menciptakan aroma yang sesuai.

Untuk pemilihan bahan pembuatan lilin ini anda lebih baik menggunakan bahan lilin yang alami seperti soy wax, palm wax, dan beeswax. Jenis lilin alami tersebut adalah yang biasa digunakan dalam pembuatan lilin aromaterapi.

2. Kerajinan Tradisional

Kerajinan tangan yang paling banyak diminati dan mudah laku adalah pembuatan keramik, batik atau menenun. Jadi selain anda menjual produk hasil kerajinan, tetapi anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuka private kerajinan yang anda buat.

Biasanya banyak yang berminat untuk membuat jenis kerajinan ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa karena terdapat nilai edukasinya. Selain itu juga dapat melatih kreativitas dan merangsang motorik anak.

3. Melukis

Untuk menjalankan usaha ini tentunya anda harus memiliki skill melukis. Anda dapat menawarkan berbagai jenis lukisan seperti lukis wajah, pemandangan karikatur dan lain sebagainya. Semakin banyak prodak yang Anda tawarkan maka konsumen Anda akan semakin banyak.

Jangan lupa perbanyak promosi dan tawarkan prodak Anda melalui belanja online sehingga pemesan tidak harus datang langsung ke lokasi dan cukup dengan mengirimkan gambar yang akan dilukis sehingga lebih praktis dan efisien. l

4. Kerajinan Barang Bekas

Jika anda memang memiliki keahlian dalam mengolah sesuatu yang tidak bernilai menjadi sesuatu yang bernilai maka anda sangat cocok untuk membuka usaha kerajinan barang bekas.

Banyak orang yang beranggapan bahwa bahan bekas hanya limbah atau sampah yang tidak memiliki manfaat, contohnya limbah plastik. Padahal jika anda memiliki kreativitas maka yang dianggap limbah tersebut akan menjadi kerajinan tangan yang unik dan menghasilkan.

5. Kerajinan Lampion

Kerajinan yang dapat anda jadikan sebagai peluang usaha dan paling laku selanjutnya adalah kerajinan lampion hias. Permintaan akan lampion hias ini sangat banyak apalagi ketika ada acara tertentu seperti perayaan.

Agar prodak anda menjadi lebih laris, maka anda bisa menetapkan sistem custom, sehingga pelanggan anda dapat request bentuk da ukuran sesuai selera mereka. Masalah harganya anda bisa menetapkan berdasarkan bentuk dan ukuran.

6. Kerajinan Kain Flanel

Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan kain flanel karena memang sudah banyak pelaku usaha dengan bahan kain flanel. Anda bisa mencoba peluang usaha ini karena permintaan yang masih sangat banyak.

Ada banyak kreasi atau jenis prodak yang dihasilkan dari kain flanel seperti kotak tisu, bros, gantungan kunci dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu juga Anda bisa mengkreasikan kain flanel ini menjadi bunga yang biasa dicari pada saat acara wisuda.

7. Kerajinan Rotan

Usaha ini memang bukan yang baru lagi, karena memang sudah banyak yang melakoni usaha kerajinan rotan. Namun jika Anda berminat bidang usaha ini maka Anda bisa melakukan inovasi dengan membuat sesuatu yang belum ada.

Kerajinan rotan yang banyak dibuat adalah meja, kursi, dekorasi dinding dan masih banyak lagi yang dibuat dengan bahan utama rotan. Agar tidak terlalu polos, Anda bisa menambahkan warna yang menarik pada setiap prodak Anda.

8. Kerajinan Desain Mahar

Banyak pasangan pengantin yang menginginkan mahar yang unik, berbeda dari yang lain sehingga menjadi lebih berkesan. Salah satu desain mahar yang paling banyak dicari adalah desain uang mahar.

Banyaknya permintaan atas desain uang mahar tersebut, tentu harus Anda jadikan sebagai peluang yang tentunya menguntungkan. Agar desain yang mahar ini menjadi lebih menarik maka Anda bisa menambahkan pernak-pernik agar menjadi lebih manis dan elok.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel