Akibat Tidak Melunasi Pinjaman Online

Seiring dengan kemajuan teknologi, sekarang ini semua akan menjadi mudah karena bisa dilakukan melalui online salah satunya adalah pinjaman online. Namun kenyataannya kemudahan pinjaman ini sering disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab, seperti tidak membayar tagihan, atau kabur dari tagihan.

Dampak negatif lainnya adalah masyarakat jadi ketergantungan dengan layanan online ini karena sangat mudah dilakukan dan dananya cepat cair. Orang yang melakukan pinjaman online mungkin benar-benar membutuhkan dana untuk kebutuhan sehari-hari seperti bayar kontrakan/kosan, bayar listrik bahkan ada juga yang untuk membayar hutang lainnya.
 

Semua orang dapat mengajukan pinjaman online cukup dari rumah dengan menggunakan HP, jadi tidak perlu lagi antri di bank dengan proses yang lama. Di pinjaman online cukup dengan isi data diri dengan dibuktikan identitas atau KTP serta mengisi nominal pinjaman maka uang tersebut bisa langsung di transfer ke rekening peminjam.

Melakukan pinjaman online tidak ada salahnya jika pinjaman tersebut dilakukan dengan bijak dan bertanggungjawab baik penggunaannya maupun pembayarannya. Karena pasti ada dampak buruk yang terjadi kepada anda ketika anda tidak segera melunasi tagihan tersebut. Seperti:

1. Mengganggu aktivitas

Perlu anda ingat bahwa ketika anda tidak membayar pinjaman sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, maka yang sering terjadi adalah anda akan selalu dihubungi oleh pihak perusahan Fintech, tidak hanya anda saja yang akan dihubungi tetapi nomor lain yang anda masukan ketika mengajukan pinjaman juga akan selalu menerima telpon, SMS, WA yang memberitahukan bahwa anda harus melunasi hutang pinjaman tersebut.

Dapat anda bayangkan, ketika anda dalam perjalanan atau sedang melakukan suatu kegiatan, anda selalu dihubungi pihak Fintech tentang tagihan anda. Pasti anda akan merasa terganggu. Namun itulah resiko anda, jadi agar hal ini tidak terjadi anda harus melunasi hutang pinjaman agar hidup anda lebih tenang.

2. Bunga dan Denda Terus Meningkat

Akibat anda tidak segera membayar tagihan adalah anda akan menerima denda dan bunga terus-menerus setiap harinya. Jadi hutang anda akan semakin banyak, kebijakan dari OJK adalah setiap orang yang telat membayar pinjaman maka akan dikenakan denda 0,8% per harinya. Jadi jika anda tidak membayar dalam waktu satu bulan saja, maka dapat anda hitung total keseluruhan pinjaman anda nantinya.

3. Sulit Mengajukan Pinjaman Lagi

Hal yang sudah pasti adalah anda akan mengalami kesulitan dikemudian hari, ketika anda benar-benar membutuhkan dana maka anda tidak akan diterima lagi untuk melakukan pinjaman karena anda memiliki catatan yang buruk dalam catatan OJK dan dianggap orang yang bermasalah dalam pinjaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel