Kelebihan dan Kekurangan Usaha Food Truck

Semua usaha tidak ada yang selalu berjalan dengan mulus, artinya akan ada saja cobaan yang akan anda hadapi ketika akan memutuskan untuk membuka sebuah usaha. Namun setiap rintangan akan selalu anda hadapi ketika anda memiliki komitmen dan konsistensi dalam menjalankan usaha.

Seperti usaha lainnya, usaha food truck juga memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut adalah ulasannya.

KELEBIHAN USAHA FOOD TRUCK

1. Investasi Awal Rendah

Dikatakan modalnya rendah karena memang modalnya tidak sebanyak ketika anda membuka usaha dengan konsep restoran. Namun disini anda bisa membuka usaha ala menu restoran namun dengan memanfaatkan food truck.

Bagi anda yang tertarik dengan usaha kuliner, maka usaha food truck bisa menjadi pilihan yang tepat karena akan memberikan pengalaman yang luar biasa sebelum anda membuka usaha yang lebih besar lagi.
 

2. Fleksibel

Karena konsep usaha anda menggunakan sebuah mobil, maka anda bisa berpindah-pindah lokasi jualan tanpa harus repot mengangkat barang. Kelebihan lainnya adalah anda bisa berjualan di banyak lokasi sehingga dalam satu hari anda bisa berkeliling kota atau bisa berjualan di berbagai festival.

3. Banyak Konsumen

Biasanya usaha food truck menyajikan makanan secara cepat, hal ini yang sangat disukai oleh para konsumen karena mereka tidak perlu lama menunggu makanannya jadi seperti di sebuah restoran. Menurut saya usaha food truck ini akan sangat laris, apalagi mereka yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk istirahat.

4. Tidak Perlu Karyawan

Di awal usaha tentu anda tidak ingin menyia-nyiakan pengeluaran yang belum menjadi kebutuhan, salah satunya memiliki seorang karyawan. Usaha food truck ini bisa anda jalankan sendiri tetapi hanya di awal saja, namun jika usaha anda sudah memiliki banyak pesanan maka memiliki seorang karyawan adalah suatu kewajiban karena anda juga sudah mampu membayar karyawan tersebut.

Usaha food truck tidak memiliki banyak karyawan, bahkan satu atau dua orang saja sudah cukup. Hal ini berbanding terbalik ketika anda membuka usaha dengan konsep restoran.

KEKURANGAN BISNIS FOOD TRUCK

1. Ruang Terbatas

Kebanyakan pengusaha food truck tidak memilki tempat yang khusus seperti restoran. Food truck yang sering kita jumpai biasanya berada di pinggir jalan yang memiliki ruang sempit, sangking sempitnya bahkan tidak ada tempat untuk parkir. Hal yang sama juga terjadi ketika ada festival food truck.

2. Kompetitif

Semakin lama pengusaha food truck akan semakin banyak sehingga anda akan berbagi pelanggan dengan food truck lainnya. Sebenarnya saingan anda tidak hanya sesama food truck saja, tetapi penjual lainnya yang ada di sekitar anda juga akan membuat persaingan menjadi lebih banyak.

3. Bergantung Pada Kondisi Cuaca

Karena tidak memiliki tempat khusus sebagai tempat ruang tunggu pelanggan, maka ketika cuaca masuk musim penghujan maka pelanggan anda akan berkurang. Kecuali jika usaha anda anda daftarkan di go food atau di grab food maka cuaca pun tidak akan menjadi penghalang. Namun perlu anda ingat bahwa anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan hal tersebut karena anda tidak memiliki tempat yang tetap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel