8 Ide Bisnis Olahan Singkong Dengan Modal Minim dan Mengahasilkan

Sudah banyak memang yang memulai usaha dengan berbahan dasar singkong, dan ini sering kita lihat di pinggir-pinggir jalan baik gerobak maupun outlet.

Secara umum, jenis usaha berbahan dasar singkong ini seperti keripik atau yang paling sederhana dan sering di praktekkan di rumah adalah singkong goreng dan rebus.

Ketika Anda bisa melakukan sebuah inovasi yang baru, maka usaha berbahan singkong ini sudah pasti memiliki prospek yang menjanjikan apalagi anda jalankan dengan sungguh-sungguh.

8 Ide Bisnis Olahan Singkong yang Laris

Keuntungan dari usaha dari olahan singkong ini juga tidak terlalu besar modalnya karena harga singkong pun masih sangat terjangkau. Dan jika anda masih memiliki lahan, maka anda bisa menanam sendiri karena singkong ini sangat mudah untuk hidup.

Ada berbagai ide usaha yang berbahan dasar singkong yang bisa anda coba. Meskipun modal minimum tetapi hasil maksimum.

1. Bingka Singkong 
 
Olahan bingka singkong
Jenis olahan singkong yang satu ini hampir mirip dengan kue talam. Pembuatan bingka singkong ini dengan cara di kukus kurang lebih 20 menit. Bahan tambahan dari bingka singkong ini yaitu tepung tapioka, tepung terigu, garam, gula pasir, gula merah, kelapa dan pandan.

Rasa dari bingka singkong ini adalah manis dan gurih karena di atas adonan singkong tadi sebelum di kukus ditambahkan santan.

2. Singkong Keju
 
Singkong Keju
Sudah pernah terpikirkan memulai usaha singkong keju? Jenis usaha yang satu ini sangat simpel sekali karena pada dasarnya anda hanya perlu merebus terlebih dahulu singkong nya lalu di goreng.

Nah, ketika selesai di goreng barulah tambahkan susu dan keju. Namun jika anda ingin melakukan hal yang berbeda anda bisa membuat rasa yang baru yaitu coklat atau balado.

3. Cenil Singkong
 
Cenil Singkong
Cenil singkong adalah salah satu makanan yang unik, dengan rasa yang manis dan gurih karena ada taburan kelapa di atasnya dan dibungkus dengan daun pisang.

Tempat yang paling mudah mencari cenil ini adalah di pasar tradisional, biasanya di jual oleh ibu-ibu atau nenek-nenek, satu porsi di jual dengan harga Rp 300. Pokoknya makanan yang satu ini sangat merakyat sekali ya.

Yang membuat menarik dari cenil ini adalah karena memiliki beberapa warna. Untuk anda yang ingin menjalankan bisnis cenil ini anda bisa jadi penyuplai di beberapa minimarket.

4. Getuk Singkong
 
Getuk Singkong
Biasanya di pasar tradisional getuk singkong ini akan dijual bersamaan dengan cenil. Meskipun bahannya sama dengan cenil, tetapi secara tekstur getuk lebih padat dan tidak kenyal.

Olahan getuk ini juga menggunakan kelapa agar rasanya lebih gurih. Agar usah getuk anda menjadi lebih fresh anda bisa menambahkan berbagai warna dan rasa di getuk anda seperti coklat, pandan dan strawberry.

Ada berbagai macam jenis getuk singkong yaitu Getuk Singkong Goreng, Getuk Singkong Gula Merah, Getuk Lindri Singkong dan masih banyak jenis lainnya. Anda bisa memasarkan prodak getuk anda di berbagai minimarket.

5. Tapai Singkong
 
Tapai Singkong
Tapai adalah salah satu jenis olahan dari singkong yang di rebus lalu di fermentasi. Pembuatannya sangat mudah anda hanya perlu menambahkan ragi untuk mempercepat fermentasinya.

Makanan olahan ini sangat banyak digemari oleh masyarakat Indonesia untuk dicampur ke berbagai makanan seperti es campur, gorengan, tambahan kue, dan untuk obat dalam yang dipercaya menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

6. Sawut Singkong Keju
 
Sawut singkong
Berbeda dengan poin yang ke 2, sawut singkong ini melalui proses pemarutan baru di kukus dengan menambahkan gula dan garam secukupnya selama 30 menit.

Jika sudah dirasa matang barulah parutan singkong tadi di tambahkan topping seperti keju dan parutan kelapa sehingga selain ada rasa manis akan ada juga rasa gurihnya.

Untuk pemasarannya, anda bisa menggunakan mika agar lebih rapih dan terlihat lebih menarik sehingga konsumen tertarik untuk membelinya.

7. Donat Singkong
 
Donat Singkong
Untuk membuat donat tidak harus sellau menggunakan kentang, tetapi anda bisa menggunakan singkong sebagai bahan utama nya.

Untuk pembuatan donat singkong ini masih sama dengan donat kentang. Dengan bahan tambahan seperti tepung tapioka, gula, ragi, dan garam.

Jika anda berniat untuk memulai usaha donat singkong anda bisa menambahkan varian rasa seperti coklat, keju dan berbagai selay sehingga pelanggan bisa memilih sesuai selera.

8. Keripik Singkong
 
Keripik Singkong
Ini sudah pasti ya karena sangat sering dan banyak kita jumpai. Dan bahkan sering kita nikmati bersama keluarga.

Semua orang suka dengan keripik singkong karena rasanya yang gurih sehingga cocok dijadikan cemilan ketika sedang bersantai, apalagi keripik ini murah tetapi kuantitasnya banyak.

Ketika anda memilih untuk berbisnis keripik singkong, maka anda harus melakukan inovasi rasa. Jadi tidak hanya original. Melainkan ada berbagai rasa seperti balado, keju, pedas manis, bawang atau rasa yang lainnya sesuai dengan inovasi anda.

Menyediakan banyak rasa tidak akan membuat anda rugi, karena semakin banyak rasa tentu akan semakin banyak pelanggan, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel