Strategi Usaha Kue Rumahan untuk Pemula

Sudah pernah terpikirkan atau melirik usaha kue? Jajanan kue basah ini biasanya ada di pasar-pasar atau di pinggir jalan yang biasanya ada setiap pagi atau sore.

Usaha kue ini sangat simpel dan mudah untuk dijalankan, dan yang pasti anda tidak harus memiliki keahlian dalam membuat semua jenis kue sehingga cocok di jalankan oleh pemula yang jeli melihat peluang.

Untuk prospek usaha kue ini sangat cerah apalagi pangsa pasarnya sangat luas karena semua orang sangat menyukai yang namanya kue. Selain itu, anda juga bisa membuka sistem pesanan agar lebih banyak lagi orang yang berminat dengan usaha anda.

Bagi anda yang akan menjalankan usaha kue ini, ada beberapa strategi yang bisa anda terapkan agar anda menjadi pengusaha kue yang sukses

1. Perencanaan Yang Matang

Perencanaan yang matang pasti hal yang wajib untuk semua usaha, tidak terkecuali dengan usaha kue, karena tanpa ada perencanaan yang matang maka usaha yang dijalankan tidak akan terarah

Perencaan ini memuat berbagai langkah-langkah kedepannya seperti strategi pemasaran, biaya, manajemen hingga ke strategi pengembangan dari usaha kue yang anda jalankan.

Jadi perencanaan yang mendetail harus anda susun, karena dengan perencanaan yang matang anda akan mampu melewati apapun rintangan bahkan resiko-resiko yang mungkin anda hadapi ketika menjalankan usaha kue ini.

2. Modal

Nah,, ini adalah salah satu yang harus anda persiapkan. Namun besar kecilnya modal tergantung pada usaha yang akan anda jalankan.

Untuk modal dari usaha kue ini sendiri tergantung besar kecilnya usaha. Jika anda akan memulai usaha kue ini kecil-kecilan maka modalnya juga kecil dan begitu juga sebaliknya.

Jadi bagi anda yang sudah berniat untuk membuka usaha kue dan modalnya masih minim. Maka bukan suatu alasan untuk mengubur mimpi anda. Anda harus tetap memulai usaha kue mulai dari modal yang anda punya.

3. Konsep
 

Konsep yang tepat maka akan menghasilkan keuntungan yang besar. Untuk itu anda harus tahu betul akan seperti apa anda menjalankan usaha kue ini.

Misalnya anda akan berjualan di pinggir jalan atau di sebuah ruko, maka anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan ketika berjualan di tempat tersebut. Jangan lupa juga untuk melihat pangsa pasar di lokasi yang anda pilih.

Banyak sekali pelaku usaha yang hanya mengandalkan modal besar tetapi tidak memiliki konsep, sehingga usaha yang dijalankan menjadi sia-sia. Jadi modal besar pun tidak menjadi jaminan bahwa keuntungan yang akan didapatkan juga besar

4. Produksi dan Inovasi

Ketika semua sudah matang maka segera lakukan produksi untuk memulai usaha kue. Dari produksi ini maka anda akan mengetahui bagaimana respon pasar terhadap usaha kue anda.

Jangan lupa untuk melakukan berbagai inovasi terhadap usaha kue anda agar konsumen selalu merasa ada yang baru dan tidak pernah bosan untuk merasakan kue anda.

Inovasi yang bisa anda lakukan seperti membuat kue dadar gulung dengan rasa coklat dan ditaburkan keju di atasnya atau anda bisa membuat sate donat. Jadi konsumen anda tidak bosan dengan kue yang anda jual itu-itu saja.

5. Promosi

Jangan lupa promosi juga harus di lakukan agar lebih banyak lagi yang mengetahui tentang usaha kue anda.

Anda bisa melakukan promosi mulai dari orang terdekat anda seperti tetangga atau teman-teman kalian. Tanpa disadari melalui mereka akan ada promosi dari mulut ke mulut.

Promosi lainnya dapat anda lakukan dengan memberikan potongan harga atau ada bonus ketika mencapai minimal pembelian atau pesanan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel