Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Buka Toko Sembako Modal 10 Juta

Banyak pertanyaan kalau buka toko sembako modal 10 juta itu cukup enggak ya? Kira-kira seperti apa keuntungan dan bagaimana cara nya? Akan kita ulas dibawah ini. 

Toko sembako merupakan salah satu usaha yang bisa menguntungkan. Karena seperti yang kita ketahui bahwa setiap keluarga atau rumah tangga pasti membutuhkan sembako. Maka dari itu, bisnis atau usaha ini bisa menjadi usaha jangka panjang.

Keuntungan yang didapat juga meskipun terbilang tidak besar dari setiap produk, namun kalau diolah dengan baik maka akan menjadi keuntungan yang besar.

Cara Buka Toko Sembako Modal 10 juta
Ilustra foto buka Toko sembako modal 10 juta (foto kompas)
Maka dari itu, banyak orang yang ingin membuka toko sembako. Anggapan mengenai modal untuk membuka toko sembako yang besar, itu tidaklah benar.

Karena nyatanya, dengan modal 10 juta kita bisa membuka toko sembako. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan dalam awal membuka bisnis ini yaitu:

1. Menggunakan lahan ataupun tempat tersedia

Untuk membuka toko sembako tidaklah harus dengan tempat yang sangat luas. Kita bisa memanfaatkan bagian rumah yang Kosong seperti halaman atau garasi yang bisa digunakan sebagai tempat menjual sembako.

Dengan begitu, kita tidak perlu menyewa tempat dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tempat.

2. Variasi Produk yang Murah

Selain produk wajib pada toko sembako seperti beras, minyak, telur dan lainnya. Kita juga bisa menambah variasi kebutuhan ibu rumah tangga lainnya seperti teh, kopi, bahan untuk bumbu, bahan untuk masak, dan kebutuhan lainnya. 

Dengan begitu, pembeli akan semakin banyak karena toko sembako yang kita buka itu lengkap variasi produknya.

3. Pelayanan terbaik

Tak bisa dipungkiri terkadang kita lebih memilih toko yang jaraknya agak jauh daripada yang dekat apabila pelayanan yang diberikan itu kurang.

Jadi pelayanan ke pelanggan itu sangat penting karena dapat berdampak pada keberlangsungan toko sembako kita. Maka dari itu kita harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen agar mereka tidak kapok untuk belanja di toko kita.

4. Ciptakan pembeli yang loyal

Dalam hal ini kita dianjurkan untuk tidak mengambil keuntungan yang sangat besar dari bisnis ini. Mungkin akan sangat menggiurkan ketika kita bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari toko sembako ini.

Namun setelah itu, pembeli tidak datang dan belanja lagi di toko kita karena harganya yang mahal. Maka dari itu, meskipun untung yang diambil itu sedikit namun terus menerus berlanjut maka nantinya keuntungannya kan naik juga.

5. Fokus untuk memperbesar toko

Dalam hal ini, kita tidak boleh egois. Dalam artian ketika kita sudah mendapatkan keuntungan, maka jangan langsung kita ambil keuntungan itu untuk memenuhi gaya hidup kita. Tapi jadikan keuntungan itu sebagai tambahan modal agar produk yang kita jual semakin banyak.

6. Pembukuan yang Benar

Untuk membuat toko sembako yang besar dan maju, maka pembukuan adalah hal yang sangat penting dilakukan. Karena dengan pembukuan yang baik kita dapat mengetahui keuntungan, pemasukan serta pengeluaran toko.

Dengan pembukuan yang baik juga, keuangan akan lebih teratur sehingga tidak ada istilah modal habis.

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membuka toko sembako dengan modal 10 juta rupiah. Bagi para calon pengusaha yang akan membuka toko sembako semoga ulasan ini dapat memberikan gambaran dan juga informasi ya.