Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

21 Daftar Barang rongsok yang Paling Laku dijual

Kata siapa barang bekas atau rongsok tidak laku dijual? Barang rongsok identik dengan barang yang sudah jelek dan rusak. Namun, siapa sangka, jika barang rongsok yang dinilai tidak ada harganya tersebut justru masih memiliki nilai jual.

Biasanya Anda hanya menumpuk barang bekas di dalam gudang. Daripada barang-barang itu menemuhi gudang Anda, lebih baik menjualnya pada tukang rongsok atau ke penadahnya langsung.

Terdapat banyak jenis barang rongsok yang dicari untuk di daur ulang atau dijual ulang setelah proses perombakan atau pembaharuan.

Daftar Barang Rongsok yang Laku Dijual
Mata rantai usaha daur ulang (rongsokan) melibatkan pemulung, pembeli barang bekas, pengepul, bandar dan pabrik daur ulang.

Nah, berikut daftar barang rongsok yang laku dijual yang bisa Anda tawarkan pada tukang rongsok.
  1. Pakaian bekas, yang terdiri dari jaket, baju kaos, kemeja, dan celana.
  2. Peralatan elektronik, seperti kipas angin, TV, gadget, radio, VCD player, dan lain-lain
  3. Kardus dengan berbagai macam bentuk.
  4. Botol Kaca, seperti botol syrup, botol obat, botol minyak goreng, botol kecap, dan lain-lain.
  5. Botol air minum dalam kemasan plastik
  6. Kaleng
  7. Alumunium
  8. Buku/kertas
  9. Majalah
  10. Koran
  11. Tembaga
  12. Kuningan
  13. Stainless steel
  14. Dus air minum dalam kemasan
  15. Botol plastik daur ulang
  16. Ban dan roda kendaraan.
Barang-barang tersebut bisa diolah secara modern ataupun tradisional. Tergantung pada pihak yang mengolah barang bekas tersebut. Biasanya Hasil olahan bisa berupa barang jadi maupun barang mentah.

Industri daur ulang merupakan industri yang saat ini tengah menjadi salah satu program pemerintah untuk mengurangi sampah. Dengan mengembangkan industri daur ulang tersebut, pemerintah mampu menangani dua hal sekaligus. Pertama, berkurangnya limbah-limbah yang sulit hancur seperti limbah plastik. Kedua, menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat.

Contoh Hasil Daur Ulang Barang Bekas Sederhana:
  • Baju bekas = sarung bantal
  • Ban bekas = pot bunga
  • Kaleng bekas = celengan/wadah bumbu masak
  • Kardus bekas = rak susun/mainan anak
  • Botol bekas = pot bunga/tempat alat tulis
Bagi orang-orang yang mampu melihat peluang bisnis, serta memiliki kreatifitas dan inovasi yang tinggi, mereka mampu mendapatkan penghasilan dari hal-hal yang bagi sebagian orang tidak terlihat sebagai peluang bisnis.

Barang rongsok tidak selamanya harus berakhir di kotak sampah. Dengan mempertimbangkan kesehatan dan kelestarian lingkungan, pekerjaan ini mulai banyak diminati oleh masyarakat luas.

Jadi, jika Anda memiliki barang rongsok jangan langsung dibuang ke kotak sampah, ya. kumpulkan mereka di dalam gudang Anda, kemudian jual ke tukang rongsok atau bawa ke pengepul barang bekas. Dengan begitu, Anda ikut andil dalam program pelestarian alam.