Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

12 Peluang usaha Kreatif yang Menjanjikan di Indonesia

Menyambung artikel sebelum nya kali ini akan kita ulas Peluang usaha Kreatif yang Menjanjikan di Indonesia atau Ragam Usaha Kreatif Yang Menjanjikan saat ini dan nanti.

Jika Anda memang ingin sukses maka Anda tidak akan menjadikan halangan sebagai sebuah rintangan untuk maju. Terdapat satu pepatah yang mengatakan, “jika ada usaha pasti ada jalan”.

Salah satunya adalah membuka usaha yang mengandalkan ke-kreatifitasan Anda. Apa sih ide kreatif untuk usaha?

Kreatifitas merupakan salah satu kunci dalam memulai sebuah usaha. Kreatifitas yang Anda miliki juga mempengaruhi kelanggenggan usaha Anda nantinya. Banyak sekali usaha-usaha yang terpaksa gulung tikar karena usaha yang dibuka terlalu pasaran.

Nah, artikel ini akan memberikan beberapa ragam usaha kreatif yang menjanjikan untuk Anda para pelaku bisnis. Check this out! Nih 12 peluang usaha kreatif masa kini

1. Menjual Frozen Food
Peluang usaha kreatif frozen food (foto detikcom)
Peluang usaha kreatif yaitu Frozen Food. Saat ini frozen food sedang digemari oleh masyarakat luas karena daya tahannya yang sangat lama. Di supermarket-supermarket tersedia banyak makanan beku.

Frozen food juga menjadi sasaran para penjual makanan dari restoran sampai penjual kaki lima. Hal ini bisa menjadi peluang Anda dalam membuka usaha kreatif yang belum banyak orang yang menjualnya.

2. Suvenir Pernikahan Custom
Peluang usaha kreatif Souvenir pernikahan (foto calonku.com)
Bagi Anda yang sering mendapatkan suvenir dari acara pernikahan, anda mungkin merasa suvenir yang diberikan kepada para tamu kurang menarik dan kurang variatif.

Mungkin Anda yang memiliki ide suvenir pernikahan yang unik, bisa menjadikan peluang ini sebagai usaha Anda. Misalnya, Anda bisa menyediakan bibit tanaman, tote bag, sedotan ramah lingkungan, gelas enamel, kaktus mini, lilin mini dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan jasa kostumisasi suvenir sesuai dengan permintaan pelanggan.

3. Desain Case Handphone
Peluang usaha kreatif Desain HP Custom
Custum Case Handphone saat ini sedang banyak diminati oleh kalangan muda. Selain untuk mempercantik tampilan Handphone, case handphone juga berguna untuk melindungi handphone dari benturan-benturan.

Biasanya, desain case Handphone sudah disediakan, namun mereka juga bisa memesan desain sesuai selera mereka. Untuk memperluas pilihan desain, Anda juga bisa menyediakan lebih dari satu bahan case, misalnya case dengan bahan lentur dan kaku.

Anda bisa mengolah bisnis ini dengan sistem preorder. Setelah konsumen memesan desain handphone yang diinginkan, kemudian Anda mencetaknya sesuai dengan yang sudah dipilih.


4. Jasa Katering

Jasa katering tidak akan ada matinya. Selama manusia masih hidup mereka pasti membutuhkan makanan. Usaha yang satu ini menjadi incaran para calon kostumer yang memiliki jadwal kerja yang sibuk sehingga tidak sempat memasak untuk acara di rumah, seperti syukuran sampai dengan acara pernikahan.

Anda bisa memberikan beberapa janis paket yang sesuai dengan harga yang Anda tawarkan. Selain itu jasa katering juga dibutuhkan untuk acara-acra semi-formal sampai formal, seperti seminar, rapat, hingga peresmian sebuah kegiatan atau kantor.

Usaha satu ini bisa disebut jadi salah satu usaha yang menjanjikan. Dengan membuka jasa katering, secara tidak langsung Anda juga membangun branding bagi usaha Anda.

5. Jual Barang Antik

Barang Antik menjadi primadona bagi orang-orang lanjut usia yang rindu dengan produk-produk lawas. Namun, tak hanya orang lanjut usia saja yang menyukai barang antik, dari kalangan remaja pun menyukai barang antik. Oleh karena itu, bisnis jual beli barang antik ini masih sangat relevan.

Sebelum Anda mencoba bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui - terutama jika Anda belum pernah mengenal pasar barang antik.

Pertama, Anda perlu dekat dengan orang ataupun komunitas kolektor barang dengan nuansa kuno. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui jenis barang apa saja yang biasanya laku di pasaran.

6. Produk Daur Ulang

Seperti yang kita tahu, sampah telah menjadi masalah global yang sampai saat ini belum dapat kita tangani. Dengan jumlah sampah yang terus bertambah setiap tahunnya, membuat bumi kita menjadi tercemar dengan sampah-sampah yang kita buang secara sembarangan tersebut. Padahal, barang-barang bekas tersebut bisa kita daur ulang menjadi barang yang memiliki nilai jual dan tentunya menjadi barang yang bermanfaat lagi.

Terdapat banyak sekali produk daur ulang yang diproduksi dari barang-barang bekas. Seperti tas, pot bunga dan lain sebagainya.

Ini merupakan usaha yang unik dan kreatif, di samping itu Anda juga bisa membantu laju pertambahan sampah di bumi dengan mendaur ulang barang-barang bekas tersebut.

7. Florist

Jika Anda menyukai bunga dan berkeinginan membuka Florist atau toko bunga sendiri, maka ini adalah salah satu cara mewujudkannya. Selain merupakan usaha kreatif, Anda juga bisa bekerja dibidang yang Anda sukai. Tidak hanya sekedar menjual bunga, tetapi juga mendesain dan merangkai buket bunga.

Meski jasa ini bisa ditemukan di mana-mana, namun permintaan buket tidak pernah sepi. Apalagi saat musim wisuda.

Anda juga bisa menyediakan sistem delivery ke luar daerah. Dengan memanfaatkan media sosial yang Anda miliki, Anda harus rajin-rajin promosi. Dengan begitu, usaha Florist Anda akan semakin dikenal.

8. Event Organizer

Anda pernah bekerja menjadi Event Organizer? Atau memiliki ketertarikan dibidang ini? Nah, dengan membuka usaha Event Organizer anda bisa menyalurkan bakat dan talenta yang Anda miliki. Event Organizer berkaitan erat dengan susuan acara dan design interior suatu acara.

Sebelum Anda membuka usaha yang satu ini, pastikan Anda sudah pernah ikut salah satu Event Organizer terlebih dahulu. Hal ini akan meminimalisir gagap langkah saat Anda menjalankan usaha ini. Selain itu, bangun relasi seluas mungkin. Hal ini bukan hanya untuk memasarkan usaha Anda tetapi juga untuk mencari partner bisnis. Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih mudah mencari supplier suvenir, penyewaan sound system, makeup artist, dan jasa-jasa lainnya yang dibutuhkan untuk sebuah acara.

9. Fotografer dan Videografer

Sekarang ini, banyak sekali jasa fotografi dan videografi yang bertebaran di media social. dengan penghasilan yang terbilang tidak sedikit, membuat usaha ini menjadi incaran banyak orang.

Anda hanya perlu membeli peralatan fotografi dan videografi kemudian belajar bagaimana mengambil gambar dengan kualitas yang bagus dan aesthetic, setelah itu Anda bisa mulai membuka usaha ini. Karena usaha ini berkaitan erat dengan keindahan, Anda harus lebih banyak mempelajari teknik-teknik pengambilan gambar dan video.

Bisnis ini juga biasanya dipakai untuk dokumentasi sebuah acara, juga direkrut untuk membuat media pemasaran sebuah bisnis. Beberapa contohnya adalah pembuatan iklan, pamflet, video profil perusahaan dan lain-lain.

Bahkan, saat ini influencer media sosial berbondong-bondong menggunakan jasa ini untuk memproduksi konten mereka. Oleh karena itu, bisnis fotografi dan videografi ini sangat relevan hingga saat ini.

10. Penyewaan Perlengkapan Bayi

Bagi banyak orang tua yang baru memiliki bayi, biaya yang diperlukan untuk keperluan bayi tidaklah sedikit. Bermacam-macam kebutuhan pokok bayi seperti, popok, pakaian, konsumsi, dan biaya kesehatan tentunya memakan banyak biaya.

Belum lagi keinginan untuk memberikan fasilitas lain seperti tempat tidur atau wahana bermain sederhana di rumah. Nah, jasa penyewaan perlengkapan bayi menjadi salah satu jalan keluarnya. Ini tentu saja menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Para orang tua berpendapat, selain menghemat pengeluaran, jasa penyewaan perlengkapan bayi khususnya wahana bermain memperkecil ketergantungan anak terhadap gedget.

Saat ini, orang tua memilih memberikan gedget agar anak diam dan tidak rewel namun hal itu tentu saja membuat anak dan juga orang tua tergantung dengan gedget. Hal ini tidak baik bagi perkembangan anak.

10. Penyewaan Kostum

Penyewaan kostum merupakan ide kreatif yang menjanjikan. Dengan menyediakan banyak model baik kostum yang diadaptasi dari dalam dan luar negeri, akan menjadikan usaha Anda dicari-cari oleh para penyewa.

Usaha ini bisa digunakan untuk, acara ulang tahun hingga pesta perusahaan yang menggunakan dresscode untuk acaranya. Bahkan, para pelajar dan mahasiswa pun akan mencari kostum yang mereka butuhkan untuk keperluan praktik pelajaran atau mata kuliah mereka.

Selain itu, ada juga hari-hari nasional tertentu yang biasanya dirayakan dengan mengenakan kostum yang merepresentasikan momen tersebut. Seperti, hari Kartini dan Hari Pahlawan.

Usaha Penyewaan Kostum masih sangat jarang, apalagi bagi Anda yang tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan. Pasti sangat susah untuk menemukan tempat yang menyewakan kostum-kostum tersebut.

Bagi Anda yang baru memulai dan tidak bermodal besar, Anda bisa menawarkan kostum untuk satu target pemasaran terlebih dahulu, misalnya kostum anak-anak. Seiring berkembangnya usaha Anda, Anda dapat menambah inventori dengan kostum untuk orang dewasa dan berbagai jenis acara.

12. Usaha Food Truck

Mungkin usaha Food Truck masih sangat asing bagi banyak orang. Usaha satu ini mempunyai konsep, menjual makanan siap saji dan aneka minuman dengan menggunakan truck yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Daya tarik truck ini adalah desain truck yang aesthetic dengan menggunakan warna dan gambar yang menarik.

Sementara ini, keberadaan food truck sendiri hanya ada di kota-kota besar Indonesia. Jika Anda berdomisili di kota-kota kecil dan jauh dari kota besar, tidak ada salahnya mencoba membuka usaha yang satu ini.

Dengan ide kreatif dan unik dari usaha Anda ini, pelanggan akan mulai tertarik dan menjadi pelanggan tetap di food truck Anda. Apalagi jika makanan dan minuman yang Anda jual memiliki rasa yang enak.

Nah, itulah beberapa contoh ragam usaha kreatif yang bisa Anda jadikan referensi sebelum mulai membuka bisnis Anda, ya.