Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Ikan Cupang yang Mahal

Dikalangan penggemar Ikan Cupang dibagi menjadi 3 jenis, yaitu cupang hias, cupang aduan dan cupang liar.

Ikan Cupang adalah ikan air tawar yang habitat aslinya adalah di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Ikan Cupang adalah salah satu jenis ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut di tempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Ikan Cupang mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Harga Ikan Cupang pun beragam. Mulai dari yang murah, sedang, mahal dan amat mahal.

 Jenis Ikan Cupang yang Mahal
Lalu, apa sih, yang membuat Ikan Cupang mahal? Bahkan harganya ada yang mencapai puluhan juta.

Ikan Cupang dengan kombinasi warna yang unik adalah faktor penentu harga dari ikan tersebut. Faktor lain yang mempengaruhi harga Ikan Cupang adalah pengembangbiakkan Ikan Cupang hias yang tidak mudah.

Nah, berikut ini adalah daftar jenis Ikan Cupang yang mahal yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Check this out!

Ikan Cupang Kachen Worachai

Dengan harga menyentuh angka 20 Juta, ikan ini memang memiliki warna yang indah. Dengan kombinasi tiga warna, biru neon, merah, dan putih berhasil membuat ikan ini bertengger di posisi pertama.

Ikan Cupang ini berasal dari Thailand. Di negara asalnya sana, sempat terjual seharga 53.500 baht atau setara dengan Rp25,2 juta. Pasalnya, warna Ikan Cupang ini hampir menyerupai warna bendera Thailand. Jadi tak heran jika ikan jenis Kachen Worachai ini dinilai unik dan menarik para pecinta Ikan Cupang. Bagaimana? Berminat meminang si cantik satu ini?

Ikan Cupang Halfmoon

Seperti namanya, ikan ini memiliki bentuk sirip yang mengembang menyerupai bulan separuh. Halfmoon merupakan salah satu Ikan Cupang terpopuler dikalangan pecintanya. Ikan Cupang ini berasal dari Thailand. Di negara asalnya, harga ikan ini bisa dibilang cukup fantastis.

Dengan banderol harga hingga 3 juta sampai 8 juta. Namun di berbagai marketplace Indonesia, Anda bisa mendapatkan indukan halfmoon seharga 200 ribu rupiah 300 ribu rupiah.

Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang jenis ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Ikan Cupang plakat memiliki khas yaitu sirip dan ekornya yang pendek tapi tampak mengembang. Warnanya pun beragam, seperti jenis-jenis lainnya.

Nama 'Plakat' diambil dari Bahasa Thailand yang artinya pertarungan. Karena itulah, jenis Ikan Cupang ini biasa dipelihara sebagai ikan aduan. Ikan Cupang Plakat ini bisa dijual seharga 1 juta rupiah.

Ikan Cupang Double Tail

Seperti namanya, ikan ini memilki ekor yang terbelah, sehingga terlihat memiliki dua ekor. Saat berenang, ekor dan siripnya akan tampak seperti selendang yang menari-nari. Ikan Cupang ini memiliki warna warni yang elok nan menarik.

Sayangnya, Ikan Cupang double tail ini bukanlah jenis cupang yang mudah untuk didapatkan. Alasan ini jugalah yang menjadi salah satu faktor kenapa mereka dibanderol dengan harga cukup mahal, yaitu 2 juta rupiah. Akan tetapi, Anda bisa mendapatkan anakannya dengan harga sekitar 120 ribu rupiah.

Ikan Cupang Giant

Sesuai dengan namanya, ikan ini memilki ukuran yang lebih besar daripada ikan-Ikan Cupang jenis yang lain. Panjangnya bisa mencapai 12cm. Selama ini, Cupang Giant sering dikawinkan dengan jenis cupang lain untuk meghasilkan warna anakan dengan warna dan bentuk yang lebih bervariasi.

Banyaknya breeder yang mengkawin silangkan Cupang Giant ini membuat jenisnya dan warnanya semakin beragam. Ikan jenis ini biasanya ditemukan di perairan sungai di danau Thailand. Harga ikan giant ini bisa mencapai 5 juta rupiah per ekornya.

Ikan Cupang Blue Rim

Ikan Cupang Thailand ini memiliki warna dasar putih atau juga krem dan berwarna biru di bagian tepi atau seluruh siripnya. Biasanya dari ratusan telur hanya sekitar 5-10 persen ikan yang menjadi Cupang Blue Rim dengan kualitas yang baik.

Harga Ikan Cupang blue rim ini juga terbilang cukup tinggi. Dibandrol dengan harga mulai dari 250 ribu rupiah sampai dengan 15 juta rupiah, ikan ini termasuk salah satu ikan terpopuler di kalangan pecinta Ikan Cupang.

Bagaimana? Anda berminat untuk membeli salah satunya? Demikian penjabaran tentang jenis Ikan Cupang yang mahal dan juga unik. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan, ya.
Tinggal posting...