Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jenis Usaha Sampingan Untuk Petani Paling cocok Dilakoni

Menjadi seorang petani bukan berarti Anda tidak bisa memiliki usaha sampingan untuk menambah penghasilan Anda.

Sambil menunggu waktu panen Anda bisa melakukan beberapa usaha sampingan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui, petani di negeri ini memiliki penghasilan yang tidak tetap dan juga tidak terlalu besar.

Penghasilan mereka bergantung pada bagus atau tidaknya hasil panen mereka. Maka tak heran banyak petani yang mengalami paceklik karena hasil panen yang jelek.

 Jenis Usaha Sampingan Untuk Petani
Nah, jika Anda seorang petani dan selalu mengkhawatirkan keadaan tersebut, berikut kami berikan beberapa contoh usaha sampingan yang bisa Anda lakukan untuk berjaga-jaga jika hasil panen buruk atau untuk memenuhi pundu-pundi keuangan Anda.

Membuka Toko Perlengkapan Pertanian

Dengan pengalaman Anda sebagai seorang petani, tentu sedikit-banyak Anda mengetahui seluk beluk pertanian dan apa saja yang dibutuhkan untuk pertanian, terutama di daerah Anda tinggal.

Salah satu usaha sampingan yang paling cocok untuk petani adalah membuka toko perlengkapan pertanian. Banyak sekali orang yang beranggapan bahwa membuka usaha yang satu ini membutuhkan modal yang besar. 

Padahal Anda bisa menyiasati, bisnis ini bisa Anda buka dengan modal yang kecil. Nah, jika Anda tidak memiliki modal yang besar, Anda bisa menjadi reseller atau dropshipper.

Biasanya kios pertanian ini menjual serba-serbi pertanian, seperti pupuk, bibit pohon dan tanaman, obat-obat pertanian, alat dan mesin pertanian, seperti traktor, penggiling padi, dan lain sebagainya.

Usaha Sampingan Hidroponik

Saat ini sistem tanam hidroponik sedang rami-ramainya. Budidaya hidroponik dilakukan untuk menanam sayur-sayuran dan buah-buahan. Usaha yang satu ini juga tidak membutuhkan lahan yang luas.

Bisnis Tanaman Hias

Seiring dengan berkembangnya budaya penanaman tanaman hias di rumah-rumah, bisnis tanaman hias mengalami pelojakkan.

Berbagai macam jenis tanaman hias dijual di toko-toko tanaman hias. Mulai dari tanaman berdaun hijau sampai dengan tanaman dengan bunga yang berwarna-warni.

Anda bisa membuka usaha ini di depan rumah Anda. Lahan yang dibutuhkan juga tidak luas. namun, memang usaha ini membutuhkan perhatian yang ekstra. Karena tanaman bisa saja layu bahkan mati jika Anda lupa untuk menyiramnya.

Menjadi Agen Jasa Buruh Pertanian

Bisnis sampingan paling cocok untuk petani yang ternyata tidak hanya bermanfaat untuk Anda, tetapi juga mampu membuka pekerjaan baru untuk orang lain.

Usaha ini bisa dikatakan paling menguntungkan di desa dan tentunya akan selalu dibutuhkan oleh para petani.

Bagi petani yang memiliki ladang hingga berhektar-hektar tentu tidak akan sanggup menggarap ladangnya seorang sendiri.

Oleh karena itu, hadirnya jasa buruh pertanian ini bisa menguntungkan banyak pihak, conothnya petani, buruh tani, dan Anda sendiri. Usaha ini bertjuan untuk mengkoordinasi para buruh tani dengan pihak peminta proyek (petani).

Buatlah Toko Pertanian Online

Usaha yang satu ini sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu duduk manis di rumah dan pembeli datang dengan sendirinya. Dengan memanfaatkan teknologi modern, Anda dapat membuka toko pertanian online. anda tidak perlu menyewa tempat ataupun mencari tempat untuk membuka usaha Anda.

Gunakan media sosial dan media online lainnya untuk marketing toko pertanian online Anda. Selain marketingnya mudah, mendirikan toko online juga tidak membutuhkan modal banyak seperti toko pertanian yang biasanya.

Bagaimana? Adakah salah satu usaha di atas yang ingin Anda coba? Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda menentukan pilihan, ya!