Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Cara Sukses Bisnis Ikan Cupang Untuk Pemula

Bisnis ikan cupang saat ini menjadi salah satu yang paling diminati. Banyak sekali orang yang hobi mengoleksi ikan cupang, sehingga permintaan ikan cupang pun bertambah. Bahkan pembeli ikan cupang bukan hanya berasal dari pecintanya.

Beberapa di antaranya membeli ikan cupang karena tertarik dengan warna dan bentuknya yang menarik. Anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis ini? berikut akan kami berikan beberapa cara sukses berbisnis ikan cupang bagi pemula. Check this out!

Cari Pengetahuan Tentang Ikan Cupang

Pengetahuan memang sangat penting dalam berbisnis, begitu juga dalam berbisnis Ikan Cupang. Terdapat dua jenis Ikan Cupang yaitu Ikan Cupang Hias dan Ikan Cupang Adu.

Umumnya ikan cupang hias dipelihara untuk dinikmati keindahan warnanya. Jenis ikan cupang adu biasanya digunakan untuk kompetisi aduan.
Anda juga harus mencari bibit ikan cupang yang bagus dan berkualitas tinggi. Juga, pahami penyakit-penyakit apa saja yang dialami oleh ikan cupang. Hal ini dilakukan untuk meminimalizir kerugian.

Pahami juga bagaimana cara pemijahan ikan cupang. Bagaimana cara merawatnya, dari mulai pakan ikan cupang, dan kebersihan kolam ikan.

Pilih Tempat Usaha

Pemilihan tempat usaha menjadi salah satu yang penting. Pilih tempat usaha yang strategis dan tata kios Anda semenarik mungkin. Anda bisa menyewa tempat yang strategis seperti di sekitar pasar dan tempat-tempat yang ramai orang. Seperti, tempat makan atau sekolahan.

Siapkan peralatan

Peralatan untuk bisnis ini tentu saja adalah aquarium. Aquarium-aquarium itu juga harus dilengkapi dengan filter air dan jaring ikan. Sebaiknya Anda membeli alat-alat tersebut dengan kualitas yang bagus. Agar awet dan tahan lama. Dengan peralatan-peralatan baik tersebut juga bisa membuat ikan cupang bekembang dengan baik. 

Pahami Kebutuhan Pasar

Pahami jenis ikan cupang apakah yang sedang booming di pasaran. Dengan menjual jenis ikan cupang yang sedang banyak dicari orang, bisnis ikan cupang anda pasti akan mengalami keuntungan. Apalagi jika Anda bisa menyediakan jenis ikan cupang yang sebagian besar penjual belum bisa menyediakannya di toko mereka.

Ada banyak sekali varian ikan cupang seperti halfmoon atau cupang fancy yang sangat cantik, cupang serit, si langka cupang double tail dan jenis-jenis ikan cupang hias yang lain.

Gunakan Media Sosial sebagai Ajang Promosi

Dengan kehebatan media sosial Anda bisa menggunakannya untuk ajang promosi. Posting foto ikan cupang Anda di akun media yang Anda miliki, bisa Instagram, facebook atau bahkan Whatsapp.

Bangun Relasi yang Baik

Manfaat membangun relasi yang baik sangatlah banyak bagi bisnis Anda. Dalam bisnis ikan cupang, Anda sebaiknya membangun relasi dengan sesama pecitnta ikan cupang. Dengan begitu mereka bisa membagikan kisah mereka tentang bisnis ikan cupang yang mereka buka. 

Dengan relasi tersebut Anda bisa mendapatkan informasi, jenis ikan cupang apakah yang sedang dicari banyak pembeli. Jalin juga relasi dengan distributor peralatan ikan hias agar Anda bisa mendapatkan harga yang kompetitif.

Nah, itulah beberapa cara sukses berbisnis ikan cupang bagi pemula. Jika Anda pemula dan ingin membuka bisnis ini, semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengambil langkah , ya!