Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Contoh Budidaya Tanaman di Lahan Sempit yang Paling Menghasilkan

Di luar sana ada banyak peluang usaha yang menjanjikan salah satunya adalah menjalankan budidaya tanaman. Walaupun dengan modal yang minim atau terbatas, kita bisa memulai budidaya tanaman atau bercocok tanam dengan skala kecil atau di rumah.

Kemudian, apabila kita dapat mengelola usaha budidaya tanaman ini hingga berbuah atau menghasilkan panen. Nantinya hasil dari panen itu dapat kita jual dan dapat menghasilkan keuntungan.

Untuk melakukan budidaya tanaman kita tidak memerlukan lahan yang luas, cukup dengan lahan yang sempit atau di halaman rumah pun jadi. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang beralih profesi menjadi seseorang yang menggeluti dunia bisnis.

Salah satunya bisnis tanaman hias misalnya Aglonema, Janda bolong, Gelombang Cinta dan masih banyak lagi lainnya dengan harga jual yang sangat menggiurkan.

Contoh Budidaya Tanaman di Lahan Sempit yang Paling Menghasilkan
Melakukan budidaya tanaman ini juga tidak harus dilakukan di pedesaan, tetapi juga dapat dilakukan di perkotaan dimana kebanyakan mempunyai lahan yang sempit.

Namun, akibat kreatifnya masyarakat di masa ini kondisi lahan yang sempit bukan lagi menjadi kendala. Banyak orang yang mencoba bisnis tanaman hanya bermodalkan lahan yang sempit atau seadanya.

Sejatinya memang banyak jenis tanaman yang dapat ditanam di lahan yang sempit seperti tanaman dari jenis sayur-sayuran. Yuk, simak beberapa contoh budidaya tanaman di lahan sempit yang menjanjikan:

1. Tanaman Terong

Tanaman budidaya di lahan sempit yang pertama adalah tanaman terong. Tanaman ini banyak mengandung bermacam zat yang baik bagi tubuh misalnya kandungan mineral, kalsium dan juga berbagai vitamin.

Budidaya tanaman terong ini juga mudah, yang perlu diperhatikan adalah suhunya yakni di kisaran 22-30 derajat agar mereka dapat tumbuh secara maksimal. Untuk perawatannya kita bisa memanennya langsung saat mereka sudah berusia 3-4 bulan dan untuk bulan berikutnya sekitar umur 5-6 bulan.

2. Tanaman Sawi Hijau

Contoh budidaya tanaman di lahan sempit yang kedua adalah tanaman sawi hijau. Tanaman sawi hijaudiketahui memang mudah ditanam di lahan yang sempit, proses panennya cepat dan harga bibitnya terjangkau. Kemudian, tanaman sawi hijau ini waktu tumbuhnya pendek atau tidak sampai satu bulan.

Tidak perlu bingung mencari lahan sempit untuk menanam sawi hijau ini karena kita dapat menanamnya di halaman rumah. Sudah banyak pula orang yang membuktikan bahwa menanam sawi hijau sangat menyenangkan, waktu panennya cepat dan hasilnya memuaskan.

3. Tanaman Tomat

Bagi yang gemar makan tomat, budidaya tanaman di lahan sempit lainnya contohnya adalah sayuran tomat ini. Tomat memiliki banyak kandungan seperti salah satunya vitamin C yang baik sebagai daya tahan tubuh kita.

Selain itu, budidaya tanaman tomat juga sangat mudah dan bisa dijual ke berbagai tempat seperti pasar misalnya. Kita cukup menanam tomat pada kontur tanah yang selalu basah agar mereka dapat tumbuh dan berkembang biak dengan hasil panen yang memuaskan.

4. Tanaman Cabai Merah

Untuk budidaya tanaman di lahan sempit lainnya yang bisa dicoba adalah tanaman pedas alias cabai merah. Cabai merah adalah salah satu sayuran yang sering dipakai sebagai bumbu dalam setiap masakan untuk citarasa pedas. 

Apalagi harga cabai merah di pasaran sering meningkat tajam dan permintaan akan cabai merah juga tidak pernah sepi. Hal ini tentunya menjadi peluang yang bagus dan kita dapat menanam cabai merah ini dengan teknik seperti hidroponik (untuk lahan sempit).