Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Inilah 11 Alat Dan Bahan Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang merupakan ikan yang cukup populer di Indonesia. Jadi tak heran, banyak usaha budidaya ikan cupang yang bisa kita temui di mana-mana.

Budidaya ikan cupang terbilang tidak terlalu susah. Ikan ini juga memiliki ketahanan hidup yang tinggi. Anda hanya perlu mengatur Ph air dan dengan rutin menguras air.

Kelengkapan alat budidaya juga berperan penting untuk kelangsungan hidup ikan cupang dan juga bisnis Anda. Berikut kami berikan alat dan bahan budidaya ikan cupang yang harus Anda siapkan sebelum membuka bisnis budidaya Anda.

ALAT BUDIDAYA IKAN CUPANG

1. Ember atau Timba

Ember digunakan untuk tempat penyimpanan pakan ikan cupang. Pakan ikan yang disediakan biasanya berupa cacing tanah. Sedangkan, timba diperlukan sebagai wadah untuk pemijahan induk ikan cupang betina.

2. Pompa Air

Pompa air diperlukan untuk menyerap dan mendorong air tanah keluar. Air tersebut digunakan untuk mengisi wadah pemeliharaan ikan cupang. Perhatikan juga kondisi air untuk memaksimalkan proses budidayanya.

3. Jaring ikan

Jaring ikan digunakan untuk mengambil ikan cupang dalam jumlah sedikit. Alat ini juga digunakan untuk memindahkan ikan dari tangki dan untuk memisahkan ikan jantan dan betina. Biasanya jaring ini juga dipakai untuk membuang kotoran dari dalam akuarium.

4. Tempat Pemijahan dan Terpal.

Tempat pemijahan yang sederhana dapat disediakan dengan memanfaatkan timba bekas cat. Sarana ini digunakan sebagai tempat pemijahan oleh indukan ikan cupang.

Kemudian, siapkan terpal. Terpal digunakan sebagai alas dari wadah atau penutup kolam pemeliharaan indukan cupang lainnya.

5. Akuarium dan Rak Akuarium

Akuarium dibutuhkan untuk menampilkan berbagai jenis ikan cupang yang akan dijual. Kemudian, sediakan juga rak untuk meletakkan ikan cupang yang akan dijual. Dengan menempatkan ikan-ikan itu di rak, maka pembeli bisa dengan leluasa memilih jenis ikan cupang yang akan mereka beli.

6. Kondisioner air

Kondisi air bersih menjadi salah satu hal mutlak yang harus Anda perhatikan. Dengan menjaga air tetap bersih maka ikan cupang Anda juga akan sehat dan tidak mudah mati. Alat ini mampu menghilangkan segala sesuatu yang berbahaya bagi ikan yang dapat ditemukan di air keran misalnya sisa klorin.

7. Saringan dan Selang Air

Saringan berfungsi untuk menyaring pakan yang tersisa di dalam akuarium. Sedangkan, selang air perlu dipersiapkan untuk mengalirkan dan mengisi air dari akuarium yang sedang dibersihkan.

8. Plastik dan Tabung Oksigen

Sediakan plastik untuk membungkus ikan cupang yang telah terjual. Disarankan menggunakan plastik dengan ukuran yang besar. Kemudian, tabung oksigen juga diperlukan untuk mengisi udara pada proses pengemasan/pembungkusan dalam plastik.

BAHAN BUDIDAYA IKAN CUPANG

1. Benih Cupang

Benih adalah anakan ikan dari mulai menetas sampai ukuran ikan tertentu yang akan digunakan sebagai kegiatan usaha budi daya selanjutnya. Pada tahap pembesaran, biasanya memulai pemeliharaan dari ukuran benih. Benih yang digunakan berumur 7 hari, pilih benih yang sehat dan yang memiliki kemampuan berenang dengan gesit dan lincah.

2. Air

Air mempunyai peranan yang sangat penting dalam kegiatan budi daya ikan cupang. Pengelolaan kualitas air merupakan cara pengendalian kualitas air di dalam kolam budi daya sehingga dapat memenuhi persyaratan hidup ikan. Agar ikan dapat tumbuh dengan baik maka kondisi lingkungan kolam pembesaran (calon ikan) harus disesuaikan dengan kebutuhan ikan.

Air yang dapat memenuhi kriteria yang baik untuk pertumbuhan atau budi daya hewan dan tumbuhan tingkat rendah (plankton) sebagai indikator paling mudah bahwa air tersebut bisa digunakan untuk budi daya ikan.

Kualitas air dapat diukur melalui: pH, suhu, salinitas, dan kecerahan. Kisaran pH 6-8, suhu 25-32 derajat celcius, salinitas 0-5 ppt (air tawar), 6-29 ppt (air payau) dan 30-35 ppt (air laut). Serta kecerahan terlihat dari jumlah cahaya matahari yang dapat menembus badan air.

3. Pakan Cupang

Pakan merupakan sumber energi dan nutrisi untuk pertumbuhan ikan. Pakan yang dapat diberikan berupa pakan alami dan pakan buatan.

Pakan alami adalah organisme yang berasal dari alam. Pakan alami yang digunakan untuk pakan ikan hias dan benih yaitu plankton, yakni organisme yang hidup melayang-layang dalam perairan.