Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

8 Tips Sukses Usaha Bengkel Las Listrik

Setiap pelaku usaha pasti menginginkan bisnis yang dijalaninya sukses dan menghasilkan rupiah dalam jumlah yang besar. Begitu pula dengan pelaku usaha las listrik.

Pembangunan dewasa ini bukan hanya di daerah perkotaan saja tetapi juga sudah mencapai daerah-daerah pedesaan. Masyarakat tentunya memerlukan banyak besi untuk pagar, teralis, kanopi dan lain sebagainya.

Dengan menjalankan bisnis bengkel las, Anda memiliki prospek usaha yang menjanjikan dan cukup baik di masa depan.

Sebelum Anda mulai membuka usaha ini, ada baiknya Anda menyimak tips sukses usaha las listrik berikut ini.

1. Produk yang Berkualitas
Hal pertama yang menjadi perhatian khusus adalah membuat produk yang berkualitas. Itu artinya Anda harus memahami ilmu pengelasan terlebih dahulu. Dengan begitu skill Anda akan terlatih dalam membuat produk terbaik. Kebanyakkan orang mempelajarinya secara otodidak.

Namun, jika Anda tidak memiliki keahlian dan masih ingin membuka bisnis ini, Anda bisa mencari karyawan yang sudah berpengalaman untuk bekerja di bengkel las listrik Anda.

Dengan melihat karyawan Anda kerja, Anda bisa sambil belajar dari mereka. Pelajari sebanyak mungkin untuk kemudian dipraktikkan.

2. Ikuti Tren

Seperti baju, usaha las pun mengalami perkembangan. Seperti kanopi, teralis dan pagar besi, kesemuanya mengalami perkembangan. Dengan mengetahui tren tersebut maka pelanggan akan berbondong-bondong mendatangi bengkel las Anda.

3. Harga Jual

Harga jual merupakan salah satu faktor kesuksesan sebuah bisnis bengkel las. Konsumen cenderung menyukai usaha yang memberikan harga murah dengan kualitas yang bagus.

Dengan memberikan harga yang kompetitif, usaha Anda tidak akan kalah dengan usaha bengkel las yang lain.

Sebelum menentukan harga, Anda bisa melakukan survei pada bengkel las yang ada di sekitar Anda.

Setelah itu, Anda bisa menentukan harga jual. Usahakan untuk memberikan harga yang lebih murah dibandingkan bengkel las pesaing.

Menentukan harga yang lebih murah, dipercaya dapat meningkatkan penjualan. Namun yang perlu diingat, Anda tidak boleh mengesampingkan kualitas produk meskipun harga jualnya murah.

5. Pelayanan

Pembeli adalah raja. Ini adalah pepatah pengingat yang manjur sekali. Berikan pelayanan yang ramah dan baik kepada konsumen, penuhi keinginannya, sapa setiap konsumen yang datang dengan senyuman.

Jadilah pebisnis yang dapat memahami keinginan konsumen. Rekomendasikan produk-produk terbaik yang Anda miliki.

6. Memberikan Garansi

Salah satu fasilitas bengkel las yang harus dimiliki adalah garansi. Garansi merupakan jaminan yang diberikan bengkel Anda kepada konsumen bila terjadi kerusakan produk. 

Dengan memberikan garansi, menandakan Anda yakin dengan skill dan hasil yang diberikan. Jadi, konsumen tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa Anda.

7. Pertahankan Kualitas Produk

Salah satu hal untuk membuat pelanggan tidak berpaling dari Anda adalah dengan menjaga kualitas produk las.

Membuat sebuah hasil yang berkualitas menunjukkan kredibilitas Anda sehingga ke depannya akan banyak orang yang datang untuk menggunakan jasa dan keahlian Anda untuk mengelas produk-produk yang mereka inginkan.

8. Promosi

Saat ini media sosial menjadi wadah untuk promosi berbagai macam produk. Meskipun usaha kita berbasis offline, namun tidak ada salahnya memasarkan produk kita di jejaring media sosial.

Anda bisa membuat video proses pengelasan sampai hasil akhir produk Anda, lalu sebarkan ke media sosial Anda, seperti Facebook, Instagram atau Whatsapp. Tidak hanya video, Anda juga bisa memajang foto-foto hasil las bengkel Anda di beranda facebook, di feed Instagram Anda dan di status Whatsapp Anda.

Akan lebih baik jika bengkel las Anda, memiliki akun sendiri. Agar tidak tercampur dengan akun pribadi milik Anda.

Itulah beberapa tips sukses usaha bengkel las listrik yang bisa Anda jadikan pertimbangan. Namun, meski begitu kesuksesan yang datang tidak lepas dari do’a yang Anda panjatkan. Jadi iringi usaha dengan do’a, ya!

Selamat mencoba. Salam sukses.