Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Tips Usaha Jual Ayam Potong di Pasar yang Untung Besar

 Usaha jual ayam potong di pasar merupakan salah satu bisnis yang cukup menggiurkan meskipun dalam praktek nya perlu mengetahui seluk beluk dunia ayam potong. Karena usaha jual ayam potong di pasar itu belum tentu bisa berjalan dengan yang diharapkan.

Terkadang kita melihat para pengusaha penjual ayam potong di pasar sangat enak dapat pemasukan karena laris banyak pembeli. Tapi tahukah kamu bahwa usaha jual ayam potong di pasar sangat rentan rugi?

Usaha ayam potong di pasar tidak jauh berbeda dengan jual ikan karena potensi rugi nya hampir sama. Menyiasati kerugian adalah hal penting supaya usaha ayam potong kita berkembang. Berikut tips usaha ayam potong di pasar.

Tips Sukses Usaha Ayam Potong Di Pasar

Jika Anda penasaran ingin mengetahui apa sajakah tips sukses yang perlu dijalankan agar usaha ayam potong di pasar yang Anda jalankan bisa meraih keberhasilan, pastikan Anda membaca detail ulasannya di bawah ini.

1. Pastikan Ayam Potong yang Dijual Masih Segar

Setiap pembeli pasti menginginkan ayam potong yang masih segar untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menawarkan ayam potong yang masih segar. Untuk itu, sebaiknya Anda membeli ayam langsung dari pemotongan ayam.

2. Jangan Pernah Jual Ayam Tidak Layak

Menjual ayam yang sudah tidak layak konsumsi akan membuat usaha anda fatal. Dan pasti dampaknya akan merugikan usaha anda sendiri. Konsumen di pasar sangat peka masalah ayam yang dijual tidak layak konsumsi. 

Misalnya masih ada ayam jualan Anda yang tersisa dan tersimpan di freezer atau tempat peyimpanan khusus, maka jangan memaksakan untuk menjualnya kembali jika sudah lama tersimpan. Tidak apa-apa menderita sedikit kerugian, yang penting langganan Anda percaya dengan kualitas dan kesegaran ayam yang Anda tawarkan.

3. Berikan Harga yang Wajar

Berikanlah harga yang wajar kepada calon pembeli maupun langganan Anda. Biarlah untung sedikit, asal mereka bisa menjadi pelanggan setia. Daripada Anda memaksakan memberikan harga yang tinggi karena ingin mendapatkan keuntungan besar, yang ujung-ujungnya ayam tersebut tidak laku dan tersimpan dalam waktu lama, bahkan terbuang karena busuk.

Meskipun keuntungan yang Anda dapatkan tergolong kecil untuk penjualan per ekornya, tetap saja keuntungan yang Anda dapatkan menjadi besar jika ayam potong tersebut terjual dalam jumlah banyak.

4. Jual Satuan Jangan Kiloan

Pedagang ayam potong sangat tahu trik mendapatkan keuntungan yaitu jual ayam satuan. Anda bisa menentukan sendiri keuntungan.

5. Jual dalam Beberapa Variasi

Perlu dipahami bahwa kebutuhan setiap orang terhadap ayam potong berbeda-beda. Ada yang membutuhkan satu ekor utuh ayam potong, dan ada pula yang hanya tertarik untuk membeli bagian-bagian tertentu.

Oleh karena itu, Anda mesti menjual ayam potong tersebut dalam beberapa variasi. Jangan kaku dan terpaku pada penjualan per satu ekor ayam saja. Jika ada calon pembeli yang hanya ingin membeli bagian-bagian tertentu saja, maka upayakan untuk tetap dilayani dan diberikan harga yang sesuai.

6. Kebersihan 

Kebersihan tidak hanya sebatas ayam. Jika jualan di pasar sebaiknya perhatikan kebersihan plastik jangan sampai daging yang sudah dipotong tercampur dengan kotoran ayam karena pelanggan tidak sama, ada yang tidak suka ada juga yang tidak masalah.

7. Mencari Pemasok ayam Potong yang Murah

Tujuan nya supaya kita mendapatkan keuntungan yang pantas, Jika tahap awal kita masih sistem setor maka dikemudian hari usahakan dengan modal sendiri. Jadi bisa memilih pemasok dimana saja. Itulah ulasan tips sukses usaha ayam potong di pasar semoga bermanfaat.