4 Strategi Sukses Bisnis Ayam Kampung


Bisikanbisnis - Memiliki usaha sendiri merupakan dambaan setiap orang apalagi jika hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. seperti halnya ternak ayam kampung ini bisa saja anda lakukan.

Ayam kampung lebih dikenal dengan ayam liar, yang biasa kita jumpai dihalaman rumah atau dijalanan. Jika kita perhatikan ternak ayam kampung tidak serumit beternak ayam potong/ras/pedaging/petelur. Kita tahu bahwa salah satu kelebihan beternak ayam kampung adalah tidak ribet, baik dari pakan dan cuaca. karena ayam kampung memiliki kualitas fisik yang bagus.

Ada rumor yang beredar dimasyarakat bahwa ''Kalau beternak ayam kampung dilepas aja nyari makan sendiri''. itu benar artinya tidak susah dan tidak repot dengan diliarkan saja ayam kampung masih mau bertelur dan berkembang biak apalagi jika dilakukan secara serius?

Orang punya usaha ayam pedaging yang ekstra serius saja mau, kenapa ternak ayam yang secara cuma-cuma kita tidak mau. toh perputaran uang ayam kampung juga besar dan tidak kalah dengan ayam petelur dan sebagainya. Pertanyaan nya adalah siapkah kita melakukan ini setiap hari? sperti memberi pakan dan minum si ayam.

Ternak ayam kampung itu Mudah?

Mudah karena tidak serepot beternak ayam ras. cukup dengan lahan seadanya dan beli bibit ayam kemudian pelihara terus tunggu beberapa bulan lalu jual.

Kenapa Orang Mau Usaha Ternak Ayam Kampung? berikut penjelasannya:

Pertama, Ayam kampung memiliki harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan ayam pedaging jenis boiler. Hal ini tentu karena lamanya masa panen ayam kampung serta rasanya yang lebih gurih sehingga ayam kampung memiliki harga yang stabil serta lebih tinggi.

Kedua, Ayam kampung lebih tahan penyakit sehingga peluang kematian berkurang dan peternak dapat panen besar. Biasanya peluang kematian ayam kampung paling buruk adalah 10 % sementara rata - rata hanya 2% dari seluruh ayam yang diternakkan.

Ayam kampung lebih sehat, ini yang ketiga, Alasannya adalah kesehatan ayam kampung lebih tinggi dibanding ayam pedaging. Daging ayam kampung lebih gurih memiliki kandungan gizi dan lemak rendah sehingga lebih aman untuk di konsumi, sedangkan, ayam pedaging seluruh pakan dari makanan bahan kimia sehingga dagingnya kurang sehat dan mengandung kolesterol tinggi.

Keempat Ayam kampung lebih cepat pertumbutuhannya. Ayam ini bisa memperpendek masa panen hingga 50 hari dengan rata - rata bobot ayam hingga 9 ons. Dengan begitu, anda bisa lebih cepat memanen hasil serta lebih hemat dalam permodalan.

Ayo Mulai Ternak

Perencanaan.
Mungkin perencanaan yang baik akan menghasilkan sesuatu yang menghasilkan dan juga agar resiko yang di terima sangat minim. Biasanya Resiko yang paling berat yaitu kematian yang terjadi secara mendadak, biasanya disebabkan oleh penyakit flu burung.

Persiapan Kandang

- Usahan Jarak kandang dengan permukiman atau rumah minimal 5 m (yang paling baik 10 m), Daerah tidak lembab, sinar matahari pagi dapat masuk dan sirkulasi udara cukup baik. dengan keadaan ini ayam akan terhindar dari penyakit.

- Tidak ada ukuran kandang yang baik atau ideal, namun kebanyakan yang di gunakan untuk budidaya ayam ini adalah 4-8 m dan panjang kandang tidak lebih dari 70 m.

Bibit Ayam Kampung

Jika tujuan pemeliharaan ayam kampung untuk tujuan diambil daging atau menjual daging, maka memilih DOC dari keturunan ayam yang bertubuh besar dan pertumbuhan yang cepat. Selain itu waktu penetasan bibit ayam kampung (DOC) harus tepat waktu(21 hari) tidak terlalu cepat atau terlalu lama.

Pakan Ternak


Sesuai porsi pakan ayam kampung adalah:
7 gram/per hari sampai umur 1 minggu
19 gram/per hari sampai umur 2 minggu
34 gram/per hari sampai umur 3 minggu
47 gram/per hari sampai umur 4 minggu
58 gram/per hari sampai umur 5 minggu
66 gram/per hari sampai umur 6 minggu
72 gram/per hari sampai umur 7 minggu
74 gram/per hari sampai umur 8 minggu

Pakan untuk ayam kampung berupa dedak, jagung, pakan alternatif lainnya seperti sisa dapur/warung, roti BS, mie instant remuk, bihun BS, dan lain lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel