Tips Buka Panglong Kayu Sukses

Bisikanbisnis - Usaha pengolahan kayu tidak akan pernah surut dan ini peluang bisnis potensial di zaman sekarang. Banyak usaha-usaha yang terpaksa gulung tikar karena terlindas dengan kemajuan teknologi dan sistem informasi.

Namun usaha pengolahan kayu tetap menjadi primadona usaha masa dulu kini dan yang akan datang. Kayu merupakan bahan baku olahan yang banyak dan mudah untuk dibentuk. Terlebih lagi mesin pengolahan kayu yang sangat modern akan membantu dalam proses indutri perkayuan.

Industri perkayuan hingga kini masih menjadi pilihan usaha. Beberapa industri pengolahan kayu seperti pengolahan kayu jati, kayu konstruksi banguna, industri kreatif juga banyak yang menggunakan bahan kayu.

Hal ini membuat kita dapat menimbang bahwa industri pengolahan kayu akan selalu dilirik dan memiliki potensial bisnis yang menjanjikan sampai saat ini. Berikut beberapa cara sukses membuka pengolahan kayu:

Mempelajari Dan Memahami Seluk Beluk Usaha Pengolahan Kayu

Pengolahan kayu menjadi komoditi produk unggulan tentu diawali dengan pemahaman yang matang cara mengolah dan mendistribusikan produk ini.

Mempelajari kalkulasi modal usaha, biaya produiksi, biaya listrik, karyawan, dan biaya transportasi. Hal ini perlu dipahami sehingga kita tidak ragu dalam membangun bisnis panglong kayu ini agar berkembang.

Tempat Strategis

Mendapatkan tempat yang strategis dan terjangkau sehingga mengefektifkan biaya modal. Serta menjadi media promosi bila mendapatkan tempat yang strategis dan ramai.

Usahakan tempat pengolahan kayu di pinggir jalan utama, hindari memakai tempat dekat dengan perumahan karena akan terganggu dengan bisinya mesin kayu.

Fasilitas Alat Dan Bahan Baku

Tentukan alat dan mesin kerja pengolahan kayu, seperti mesin potong kayu gelondongan, mesin ketam atau penyerut kayu, mesin potong kecil, mesin profil, dan perkakas lainnya jika kita mengolah sampai menjadi produk industri kayu seperti furniture.

Membangun Relasi

Bangunlah relasi bisnis yang luas dan membangun kerjasama dengan suatu instansi agar semakin banyak diketahui tentang paket produk yang kita suguhkan.

Beberapa tips di atas setidaknya memberikan gambaran akan bisnis pengolahan kayu, namun yang utama pentingnya menentukan jenis kayu apa yang akan diolah, salah satunya pengolahan kayu jati masih menjadi primadona bisnis perkayuan sebab nilai kayu jati sangat tinggi dan memiliki kekuatan hingga sampai lebih dari 20 tahun.
(foto bukalapak)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel