Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Setelah Wisuda Ngapain? nih 60 Usaha yang Cocok Setelah Lulus Kuliah

Abis wisuda kamu ngapain aja guys? Mungkin semua mantan mahasiswa yang setelah lulus kuliah mendapatkan pertanyaan seperti itu. 

Masa setelah wisuda adalah fase dimana anda mulai memutar otak untuk menghadapi dinamika hidup yang sebenarnya.

Prosesi foto dengan keluarga dan teman di hari wisuda usai maka kini tinggal kenangan, waktu yang anda hadapi pasca wisuda itulah momen paling nyata dalam berkehidupan.

Anda sarjana muda dituntut untuk memiliki penghasilan dan penghidupan yang setingkat lebih layak ketimbang mereka yang tidak mengenyam kuliah. Lalu apa sebenarnya yang mesti dilakukan para sarjana muda?
Ilustra foto kartuners.com

Lulus Kuliah Fokus Cari Kerja atau Buka Usaha sendiri?

Jika sarjana muda dihadapkan dengan 2 pertanyaan tersebut maka akan didapat 2 jawaban pula. Bisa fokus nyari peluang kerja khususnya bagi yang memilki nilai atau IPK tinggi.

Sedangkan bagi yang ingin membuka usaha sendiri biasanya tipikal mahasiswa yang mau memulai hal baru, dengan semangat wirausaha yang dimiliki.

Artinya apa? Sarjana muda pencari kerja tentu beda dengan sarjana muda yang ingin membuka usaha sendiri. Biasanya paling dominan sarjana muda adalah pencari kerja, lulus kuliah banyak yang memilih mencari kerja ketimbang memilih membuka usaha sendiri.

Usaha yang cocok Setelah lulus Kuliah

Untuk menghadirkan info yang bermanfaat, maka artikel ini mengupas peluang usaha bagi sarjana muda yang akan mencoba membuka usaha sendiri. Kira kira apa sajakah usaha yang cocok setelah lulus kuliah? Berikut ulasannya.

1. Buka Print dan Fotocopy

Sebagai mantan mahasiswa anda mesti peka terhadap peluang ini, pasar nya sangat luas. Bayangkan setiap hari mahasiswa selalu melakukan rutinitas tugas yaitu Print dan Fotocopy.

Walaupun anda sudah lulus kuliah setidaknya poin penting usaha ini anda pasti tahu. Simak Tips sukses dan Modal Buka usaha Fotocopy

2. Usaha Kuliner

Lulus kuliah bisa anda manfaatkan membuka usaha kuliner semisal buka Pecel Lele, Ayam Geprek, Bakso, Sate dll.

Memilih usaha ini khusus bagi anda yang punya insting di dunia makanan. Bayangkan, banyak diluar sana kita temui lulusan sarjana memiliki banyak outlet kuliner. Tentu hal itu dimulai dari 1 unit usaha.

3. Jual Beli Motor Bekas

Tak dipungkiri bahwa jika anda punya kemampuan bisnis di bidang jual beli kendaraan maka mencoba usaha ini sungguh menguntungkan dan bisa saat ini anda langsung coba. Jika anda tertarik bisa langsung pahami Trik Jual Beli Motor Bekas Modal Pas - Pasan

4. Buka Bimbel / Les Privat

Khusus bagi anda yang memiliki keahlian di bidang pelajaran tertentu tidak ada salahnya merencanakan untuk membuka lest private, bisa mulai dari les untuk anak SD, SMP atau khusus kelas SMA.

Les privat yang paling dibutuhkan dimasyarakat adalah les Bahasa Inggris, Les Komputer, dan Matematika. Info lengkap baca: Tips Sebelum Membuka Bimbel

5. Usaha Konter Kuota

Penggunaan kuota internet saat ini sangat tinggi dimana pasar nya adalah semua usia baik anak anak hingga orang tua yang memiliki Smartphone, tentu ini peluang yang bagus untuk dilakukan.

Bayangkan setiap hari orang disekitar kita perlu kuota internet. Pertimbangkan saja letak / lokasi usaha konter anda jika mendukung maka segeralah untuk membuka nya. Selengkapnya baca: Modal awal Buka Konter Kuota bisa 2 Jutaan

6. Usaha Parcel Buah

Usaha parcel buah salah satu peluang usaha yang bisa dilakukan setelah lulus kuliah, peluang ini menjanjikan karena dasar utama nya adalah pelanggan (Pasar) yang luas.

Cocok bagi anda yang memang tinggal di kota. Usaha parcel buah hanya mengandalkan buah segar dan dikemas dalam keranjang. Simak Kiat Sukses Usaha Parcel Buah

Itulah sedikit nya peluang usaha setelah lulus kuliah yang bisa anda pertimbangkan. Pada dasarnya artikel ini hanya ditujukan bagi sarjana muda yang sedang mencari peluang usaha.

Adapun usaha sampingan lainnya bagi yang baru lulus kuliah adalah Jadi Blogger, YouTuber, Selebgram dan lain sebagainya.