Cermati dulu Inilah 7 Kelemahan / Kerugian Usaha Tanaman Hias

Ingin membuka usaha tanaman hias? Jangan langsung buka, sebaiknya cermati dulu apa saja kelemahan atau kerugiannya jangan hanya melihat dari segi keuntungan saja.

Jika tidak memahami kelemahan usaha tanaman hias ini dikawatirkan kamu kurang berhasil lho gaess.

Usaha tanaman hias memang punya kelebihan tersendiri seperti dapat meraup keuntungan tinggi dan berlipat.

Namun di satu sisi usaha ini ada kelemahan. Kelemahan usaha tanaman hias harus diketahui sebelum kita terlanjur membuka agar kita bisa meminimalisir resiko kerugian.

Kelemahan Usaha Tanaman Hias

Semua usaha sudah pasti ada keunggulan dan kelemahan tak terkecuali bisnis tanaman hias, bisa dibilang usaha ini diperuntukkan bagi mereka yang memiliki jiwa ulet dan konsisten. Berikut beberapa kelemahan usaha tanaman hias.

1. Harus setiap hari Merawat

Kelemahan bisnis ini harus ekstra dan teliti, Jika tidak ulet, usaha tanaman hias akan terdampak, contoh nya bunga yang jarang dirawat akan kurang bagus.

Kalau tanaman hias dalam pot tidak rajin dirawat ya kurang bagus, tentu nilai jualnya juga murah.

2. Resiko Layu dan Tidak Laku

Kelemahan bisnis tanaman hias adalah faktor cuaca, jika kurang rajin menyiram bunga akan layu apalagi saat musim kemarau tiba.

3. Tidak Bisa ditinggal

Misal hari libur tiba, kita tidak serta merta merta meninggalkan lapak usaha tanaman hias karena itu harus ada yang menjaga.

Ini salah satu kelemahan bisnis tanaman hias, setiap waktu harus stay di tempat. Makanya pebisnis tanaman hias saat musim liburan akan menempatkan karyawan.

4. Butuh Proses Lama

Tidak seperti bisnis lainya, usaha tanaman hias jika dimulai dari bibit, maka perlu waktu setidaknya 2 minggu baru bisa dijual, ada proses yang dilalui, usaha ini memang dikhususkan bagi orang penyabar. Jadi bukan berarti ketika bibit sudah masuk pot bisa dijual tinggi, tidak.

5. Persaingan di Internet Ketat

Jika membuka usaha tanaman hias kemudian dipasarkan secara online maka persaingan harga sangat ketat, ini kelemahan yang nyata.

Makanya disarankan jangan bersaing di internet kalau ingin mendapatkan nilai jual tinggi. Lebih baik menunggu pembeli datang ke lapak kita.

6. Lokasi dan Sewa Lahan Tinggi

Kelemahan bisnis tanaman hias yaitu harus berlokasi di pinggir jalan ramai. Tentu harga sewa lahan jika dipinggir jalan pasti mahal. Dan harus berlokasi di pinggir jalan, mau tidak mau ya harus berani sewa lahan meskipun mahal.

Itulah beberapa kelemahan usaha tanaman hias. Dibalik kelemahan tersebut sangat tidak sebanding dengan keuntungan yang akan didapat, karena harga tanaman hias saat ini melambung tinggi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel