21 Bisnis untuk anak SMP yang Tidak Menggangu Waktu Belajar

Anak sekolah seperti SMP memang terbilang terlalu dini untuk terjun di dunia usaha karena selain porsinya masih anak sekolah yang harus fokus belajar dan bermain. Namun hal itu tidak berlaku untuk anak SMP yang hidup dalam keluarga dengan ekonomi pas pasan bahkan hanya cukup untuk makan, sedangkan anak SMP perlu menabung dan membutuhkan uang jajan.

Jika dalam posisi hidup cukup, bagi anak SMP memang tidak perlu untuk memikirkan usaha atau bisnis karena orang tua berkecukupan, tetapi kita mungkin sependapat bahwa ada dua alasan kenapa seorang anak smp terjun ke wirausaha:

- Karena alasan ekonomi keluarga. Mungkin suatu kewajaran jika dalam posisi ini keluarga / orang tua sependapat bahwa anak yang masih SMP perlu terjun ke dunia bisnis sebagai penambah kebutuhan sekolah atau  hanya sekedar uang jajan mereka. Hidup hanya pas pasan sudah sewajarnya memikirkan hal ini untuk anak anak nya.

- Karena orang tua ingin memberikan pembelajaran tentang dunia bisnis, maka terkadang anak yang masih SMP pun sudah diajarkan terjun langsung di dunia usaha sesuai dengan kemauan dan bidang anak tersebut.

Dari alasan diatas, seorang anak yang masih duduk di bangku SMP tidak ada larangan untuk berbisnis karena faktor diatas bisa jadi acuan, baik untuk para orang tua ataupun bagi anak tersebut, khususnya yang sedang membaca artikel ini.

Pilihan Bisnis untuk anak SMP
 

Dunia bisnis sangat luas, tentang usaha apa yang menjadi keinginan masing masing individu dan yang paling utama adalah bisnis untuk anak SMP harus memperhatikan waktu atau jam kerja karena bisnis atau usaha yang dijalankan jangan sampai mengganggu jam belajar di sekolah. Berikut ini beberapa pilihan bisnis untuk anak SMP yang tidak menggangu jam belajar.

1. Bisnis kuliner

Anak SMP bisa dengan mudah menjalankan usaha kuliner baik di sekolah maupun saat pulang sekolah. Contoh usaha yang cocok adalah reseller makanan (Jajanan).

Bisa juga menjadi karyawan rumah makan langsung setelah pulang sekolah. Banyak sekali kita jumpai anak SMP yang sudah terjun di dunia usaha untuk menambah uang jajan atupun biaya sekolah karena keterbatasan ekonomi keluarga.

2. Bisnis di Internet

Kita tidak bisa meremehkan kemampuan anak SMP, sebagai orang tua mungkin tidak mengira bahwa anak nya memiliki keahlian di bidang dunia internet. Hanya segelintir anak yang mampu memanfaatkan internet untuk bisnis yang menghasilkan. Contoh usaha yang cocok untuk anak SMP di internet adalah sebagai berikut: 

Jadi Youtuber
Banyak sekali contoh anak masih smp sudah punya penghasilan sendiri dari YouTube. Ini pasti ada dukungan dari orang tua dan keluarga bagaimana mengarahkan dan memberikan dorongan usaha kepada anak. Menjadi YouTuber bagi anak SMP sesuai dengan bidangnya untuk membuat video kemudian diunggah ie YouTube secara berkesinambungan hingga memiliki penghasilan.

Jadi Blogger
Dunia blogger bagi siapapun yang ingin, karena blogger adalah menulis. Jika anak pandia menulis bisa menjadi blogger.

Jadi Reseller
Banyak aplikasi jual beli online seperti bukalapak, shopee, tokopedia untuk melakukan jual beli produk. Keuntungan yang didapat bisa di tentukan sendiri. Setiap yang berkaitan Dengan bisnis online maka tidak lepas dari dukungan orang tua / keluarga untuk men support nya.

3. Bisnis Paruh Waktu

Bagi anai SMP saat pulang sekolah bisa memanfaatkan waktu atau saat libur. Jika oramg tua memberikan support anak bisa belajar berwirausaha yang paling sederhana dan tanpa modal adalah:

Bekerja di Fotocopy
Warung Lesehan
Usaha Laundry
Di Agen Brilink
Retail barang toko
Jual mainan anak
Konter kuota
Warung kelontong

Beberapa contoh diatas bisa dipertimbangkan mana yang paling cocok untuk anak yang SMP karena hal tersebut perlu dorongan (Stimulus) orang tua agar mengarahkan anak, memberikan masukan dan saran agar tidak menggangu jam belajar di sekolah. Keterbatasan ekonomi terkadang menuntut anak berfikir atau ikut andil dalam dunia usaha walaupun itu bukan ranahnya. Siapapun bisa mendedikasikan dunia bisnis kepada anak.

Dunia SMP adalah masa paling ekstrim bagi perkembangan anak, jika tidak pandai mengarahkan anak maka sudah pasti akan mengarah kepada hal yang negatif.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel