Tips dan Keuntungan Buka Usaha Kredit Elektronik Rumahtangga

Bisikanbisnis - Pada zaman sekarang sudah banyak sekali jenis usaha, salah satunya adalah usaha kredit elektronik. Masih sangat banyak orang yang memilih untuk membeli barang secara kredit dibandingkan dengan tunai, hal ini dikarena masih terbatasnya jumlah uang yang dimiliki. 

Meskipun sebenarnya jika membeli barang secara kredit justru harganya mahal. Namun dengan kredit maka waktu untuk membayarnya lebih lama dan hal ini justru dapat menguntungkan yang membuka usaha kredit.

Menjual barang secara kredit adalah menjual barang dengan cara mengangsur dengan waktu yang telah ditentukan. Ada beberapa jenis barang elektronik yang dapat dikreditkan, antara lain laptop, kulkas, tv dan masih banyak lagi lainnya. 

Peluang usaha ini dapat dijalankan oleh siapapun baik mahasiswa maupun ibu rumah tangga untuk menambah penghasilan. 

Jika kamu ingin menjalankan usaha ini maka kamu harus mengetahui apa saja tentang usaha ini termasuk resikonya. Karena kebanyakan resiko yang dihadapi oleh para pembisnis kredit adalah konsumen tidak membayar tepat waktu sehingga akan merugikan anda sendiri.

Berikut adalah tips memulai usaha kredit elektronik:

Pertama, persiapkan modal untuk menjalankan bisnis ini memang membutuhkan biaya yang cukup banyak, karena barang yang akan anda beli kemungkinan yang memiliki harga tinggi. 

Namun jangan khawatir dengan harga tinggi kamu akan rugi. Tidak, Karena dalam usaha kredit semakin besar harga barang yang anda kreditkan maka keuntungan anda akan semakin besar.

Kedua, administrasi yang baik. Adaministrasi yang baik maka usaha akan berjalan dengan baik pula. Lakukan presentasi untuk menghitung keuntungan kamu, semakin banyak keuntungan yang anda peroleh maka penghasilan anda akan semakin banyak.

Ketiga, menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan melakukan hal ini maka akan mempermudah jalan untuk mengembangkan usaha mu, karena semakin banyak pelanggan maka dapat dikatakan usaha anda akan semakin berkembang. Dan secara langsung pelanggan merupakan salah satu media untuk melakukan promosi, yang sering kita sebut prmosi dari mulut ke mulut.

Keempat, mampu mengatasi kredit macet. Kredit macet adalah apabila pelanggan anda telat membayar kredit pada waktu yang telah ditentukan. 

Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah membuat perjanjian secara tertulis kepada pelanggan anda, sehingga pelanggan anda dapat membayar tepat waktu sehingga tidak ada yang dirugikan.

Kelima, mencari distributor. Tujuan mencari distributor adalah untuk mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah, hal ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. 

Jika kamu sudah mendapatkan distributor yang pas, maka untuk mengkreditkan barang tersebut harus sesuai pasaran agar barang yang anda jual tidak kalah saing dengan harga barang lainnya.

Keenam, membuat variasi barang. Buatlah variasi barang yang dikreditkan sehingga pelanggan anda lebih banyak pilihan.

Hal yang paling penting dalam menjalankan usaha ini adalah harus ada kepercayaan antara penjual dan pembeli sehingga tidak ada yang dirugikan.
  • Kelebihan Usaha Kredit Elektronik
Kelebihan dari usaha ini adalah memiliki pasar luas karena usaha elektronik termasuk jenis usaha yang populer sesuai dengan perkembangan jaman terkini. 

Dimana setiap orang dan rumah tangga tidak bisa lepas dari barang-barang elektronik yang menggunakan listrik, Seperti rice cooker, mesin cuci, handphone, laptop, komputer, smartphone, televisi, perabotan rumah tangga, perabotan dapur dan lain sebagainya.
  • Kekurangan Usaha Kredit Elektronik
Kekurangan usaha kredit elektronik adalah orang yang membeli barang elektronik hanya sekali saja. Karena barang elektronik sangat awet hingga berbulan atau bertahun lamanya. 

Hal ini membuat usaha elektronik berjalan tak stabil. Kadang  suatu hari ramai pembeli dan kadang sepi pembeli. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel