Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Tips Sukses yang Mau Buka Toko Sepatu untuk Pemula

Usaha toko sepatu bisa dilakukan oleh siapapun, asal memiliki modal. Setiap orang pasti menginginkan menjadi orang yang sukses, salah satunya adalah pengusaha sepatu sukses. Namun kebanyakan kita masih bingung bagaimana memulai usaha sepatu dan jenis sepatu apa yang akan kita jalankan? Apakah semua brand sepatu atau hanya merk tertentu saja? 

Berikut kami sajikan referensi Tips sukses Usaha sepatu. Pada umumnya Usaha berjualan sepatu sangat mudah kita jumpai di pinggir jalan, gerai toko maupun secara keliling jalan kaki.

Mengapa banyak orang yang memilih bisnis sepatu? Hal ini karena alas kaki tersebut merupakan kebutuhan utama manusia. Dimana manusia memerlukan sepatu untuk beraktivitas sehari-hari seperti untuk kegiatan olahraga, jalan-jalan, rekreasi, bepergian hingga pergi ke kantor. Pendek kata, kebutuhan akan sepatu bagi manusia sebagai nomor satu layaknya makan.

Sepatu juga memiliki banyak variasi dan mewakili setiap kegiatan yang berbeda, misalnya saja sepatu lari, hiking, sepatu pantofel, sepatu heels, sampai sepatu untuk bermain bola. Kalau kita menilik pasar anak muda, memang memiliki potensi yang sangat besar. Apalagi style dan gaya fashion merupakan salah satu hal yang tak terlepas dari anak muda. Bagi Anda yang berminat menggeluti dunia ini, bisa menargetkan kalangan anak muda dengan beberapa cara sebagai berikut.

Semua usaha memiliki tingkat kesulitan dan tingkat resiko sehingga untuk menjalankan usaha ini anda harus terlebih dahulu mengetahui seluk beluk usaha ini, terlebih lagi anda alah seorang pemula. Namun usaha ini sebenarnya cukup gampang karena sangat banyak sekali peminatnya baik anak-anak maupun orang dewasa, tinggal anda yang menentukan jenis sepatu apa yang akan anda jadikan usaha.

Ingat usaha toko sepatu harus melakukan survey terlebih dahulu sebelum terjun memulai. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis sepatu apa yang akan anda usahakan. Jika disekitar anda adalah pemain sepak bola tentu anda menjual sepatu jenis futsal, dan jika disekitar anda orang kantoran atau guru maka anda menjual jenis sepatu yang formal dengan berbagai merk dan ukuran. Hal ini dilakukan agar anda tidak salah pilih dalam memulai usaha.
  • Kualitas produk yang dipilih
Kalau anda mau yang KW silakan pilih yang kira-kira tepat, kalau mau yang ori semisal nike, ardiles, puma, dll juga boleh namun paling tidak anda harus benar-benar tahu tentang sepatu. Saat ini masyarakat malah lebih suka KW karena harga lebih ekonomis dibandingkan yang original. 
  • Jenis Produk
Misalnya sepatu santai, olahraga, hiking, atau yang lain (usahakan jangan terlalu macamnya, dan lebih spesifik) Jadi perlu dibuat list supaya saat belanja kita bisa atur. 
  • Tempat Usaha yang Strategis
Bukalah toko yang berada di pinggir jalan dan ramai oleh lalu lalang orang yang lewat. Tapi perhatikan apakah jalan tersebut cocok atau kurang cocok, jadi walaupun ramai belum tentu cocok. 
  • Kuantitas Produk yang cukup
Dalam hal ini tentunya harus menghitung ukuran dan ketersediaan barang, misalnya saja ukuran paling standard orang indonesia ukuran 40 kita bisa menyediakan hingga 3pcs untuk satu produk.
  • Harga produk yang bisa bersaing
Tentu saja ini adalah nilai jual yang bisa kita maksimalkan untuk menggaet calon pembeli dengan harga miring, Ini juga bisa ditentukan oleh agen tempat kita beli grosir.
  • Promosi yang bertubi-tubi
Artinya mau tidak mau kita harus mengenalkan usaha sepatu kita dengan gencar agar orang mengenal dan paling tidak mereka tahu bahwa ada toko sepatu yang baru. misal via instagram atau sosial media

Setelah hal-hal penting di atas anda persiapkan, maka selanjutnya adalah proses persiapan dimana anda harus mendapatkan agen sepatu yang tepat

Mulai menyediakan tempat usaha entah itu punya sendiri atau menyewa toko, isi dengan berbagai perlengkapan yang diperlukan untuk sebuah toko sepatu. Jika persiapan sudah selesai, maka sudah saatnya mendisplay barang yang ada agar terlihat menarik dan rapi tentunya.

Toko sudah buka, barang sudah ready, tinggal menunggu pembeli datang? Segera promosikan produk anda di Media online yang gratis misalnya beriklan di bukalapak, Tokopedia, shopee dll, atau Anda juga bisa membuat blog toko online, share di grup FB, twitter, Fanpage, Instagram, dan berbagai media gratis lainnya.

Tantangan Usaha Sepatu

1. Kurang laris 
Dalam dunia usaha tidak mungkin langsung menjadi besar, yang dapat anda lakukan adalah berusaha agar usaha anda lebih laku misalnya saja melakukan promosi dan memberikan diskon.

2. Barangnya tidak laku
Banyak barang yang sudah ketinggalan model tidak ada peminatnya lagi sehingga dapat menurunkan pendapatan anda. Hal yang dapat anda lakukan adalah meminta perjanjian kepada supplier jika barang tidak laku maka akan dikembalikan sehingga anda tidak mengalami kerugian.

3. Konsumen Kecewa
Terkadang konsumen menginginkan harga yang murah namun dengan kualitas yang bagus sehingga ketika mereka membeli sepatu yang murah namun kualitasnya tidak bagus terkadang mereka menyalahkan penjual. Hal inilah yang harus anda hindari dan berikan pemahaman kepada konsumen bahwa ada harga maka ada kualitas.