Modal Usaha Steam Mobil 2019 Berdasarkan jenis Hidrolik

Bisikanbisnis - Usaha Steam mobil (Carwash) adalah peluang bisnis masa depan mengingat pangsa konsumen setiap hari bertambah banyak. kalau kita cermati setiap hari puluhan bahkan ratusan mobil baru berdatangan hal ini sudah pasti menjadikan tempat steam banjir pelanggan.

Jika anda membidik usaha ini saya pastikan anda adalah seorang yang memiliki modal financial yang cukup. Permintaan pasar yang tinggi, selalu menjanjikan peluang keberhasilan yang besar bagi sebuah usaha. Demikian juga dengan usaha steam mobil.

Untuk menjalankan usaha ini tidak hanya modal yang cukup tetapi yang paling utama adalah pengetahuan dasar nya walaupun anda secara tidak langsung menjalankan usaha ini. Ada beberapa poin yang harus difahami yaitu :
  • Pengetahuan standar kebersihan mobil seperti apa
  • Pengetahuan mengenai mesin mobil.
  • Manajemen Pembukuan
Ketiga hal diatas merupakan dasar kita dalam memulai usaha ini, mulai dari standard kebersihan cucian mobil kemudian pemahaman tentang mesin hingga manajemen pembukuannya. Oke mari kita analisa berapa biaya yang harus dikeluarkan.
Contoh steam mobil dengan tiga mesin hidrolik 
Biaya membuka usaha steam mobil ini bervariasi tergantung peralatan nya ataupun skala nya karena ada beberapa Supplier menawarkan paket mulai dari standard hingga yang paling bagus (komplit set). Yang membedakan biaya nya terletak pada partisi mesin cuci nya. ada paket yang pakai hidrolik dan ada juga yang tidak. Ini asumsi biaya untuk peralatan nya :
  • Biaya Mesin Non Hidrolik
Biasanya cucian yang tidak memakai hidrolik kurang diminati konsumen dan ini bentuk awal jika modal kita pas-pasan cukup beli alat : Kompresor Listrik Portable, Mesin Steam, Tabung Salju, Vacum Cleaner, Shampo Salju, Semir Ban, Selang Angin Spiral, Air Gun, Selang Air Dan Water Gun.

(Biaya nya berkisar antara 8 hingga 15 jutaan tergantung dari komposisi alat tersebut)
  • Biaya Mesin 1 Hidrolik
Terdiri dari Hidrolik Lift + Oli, Kompresor Listrik Portable, Mesin Steam, Tabung Salju, Vacum Cleaner, Shampo Salju, Semir Ban, Selang Angin Spiral, Air Gun, Selang Air Dan Water Gun.
(Untuk biaya dengan partisi + 1 hidrolik berkisar antara 28 hingga 35 juta)
  • Biaya Mesin 2 Hidrolik
Partisi alat sama hal nya dengan yang diatas hanya saja penambahan di mesin hidrolik nya saja yaitu dua buah. sementara untuk kisaran biaya dalam paket ini berkisar antara 49 hingga 56 jutaan. 
  • Biaya Mesin 3 Hidrolik
Untuk paket dengan mesin tiga hidrolik ini biaya nya berkisar antara 71 hingga 77 jutaan. inipun tergantung dari suplier alat dan kualitas nya (merk).

Baca juga: 4 Langkah Memulai Investasi Emas Yang Menguntungkan

Setelah poin diatas sudah diperhitungkan sesuai kekuatan modal, kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu 

- Mencari lokasi yang akses nya dekat jalan raya tujuan nya untuk memudahkan keluar masuknya mobil pelanggan anda. lokasi strategis lainnya seperti dekat rumah makan, minimarket atau pusat perbelanjaan. 

- Memilih pegawai yang tepat agar usaha anda berjalan dengan baik, pastikan anda hanya mempekerjakan karyawan yang jujur.

- Hindari mematok tarif pencucian mobil yang lebih mahal dibandingkan dengan pemilik usaha cuci mobil yang lain. 

- Jangan lupa membuat berupa brosur yang menyatakan bahwa anda memberikan layanan khusus (misalnya diskon spesial) hingga sampai tanggal tertentu setelah pembukaan perdana. 

- Terapkan sistem kupon bonus satu kali cuci gratis untuk pelanggan yang mencuci mobilnya sekian kali dalam jangka waktu tertentu.

- Jangan pernah mengecewakan pelanggan, berikan hasil kerja dan pelayanan terbaik sehingga mereka puas menggunakan jasa cucian mobil Anda.

Saat anda sudah mulai menjalankan usaha ini jangan lupa untuk menitik beratkan nilai kejujuran kepada karyawan anda untuk selalu menjaga kepercayaan pelanggan dengan jujur dan tidak mengambil sesuatu yang bukan milik anda saat membersihkan bagian dalam mobil.

Hal ini sangat menetukan ramai tidaknya pelanggan yang datang ke steam anda. tidak sedikit para pelaku usaha steam ini mengalami kerugian akibat hal spele yang tanpa anda ketahui. entah ulah karyawan anda ataupun hal lainnya.

Ingat !
Sekali konsumen merasa dikecewakan maka jangan harap mereka akan kembali ke cucian anda. inti nya harus betul-betul memilih karyawan yang benar-benar jujur. Kita tidak tahu pelanggan bisa saja menjebak dengan cara spele. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel