Langkah Memulai Bisnis Kolam Renang Waterboom

Bisikanbisnis - Berenang adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan disaat liburan akhir pekan ataupun pengisi waktu luang yang bisa kita lakukan sendirian maupun bersama teman - teman atau keluarga.

Berenang sangat baik untuk kesehatan selain itu berenang dapat melatih keseimbangan tubuh serta hal - hal lain yang dapat memberi segudang manfaat bagi kesehatan. Saat ini berenang banyak dilakukan di kolam buatan yaitu kolam renang.

Dari hari ke hari aktifitas berenang semakin diminati oleh seluruh kalangan tak terkecuali anak -nanak. Dan hal ini bisa menjadi bisnis yang menggiurkan, Hanya segelintir orang yang bisa mengembangkan usaha kolam renang ini, Mengapa Demikian ?

Apa saja Langkah yang harus dilakukan pada saat mau Memulai Bisnis Kolam Renang Waterboom ?

Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis kolam renang waterboom ini memang cukup jarang di bahas dikalangan wirausahawan, Mengingat bisnis ini sudah pasti membutuhkan modal yang cukup besar dan lahan yang luas.

Tetapi tidak menutup kemungkinan setelah anda membaca artikel ini dan memahami nya bisa jadi usaha ini bisa anda pertimbangkan .

Perlu diketahui bahwa ada beberapa hal yang harus kita perhatikan mengingat usaha ini cukup jarang kita temui disekitar kita karena usaha kolam renang tidak hanya sekedar buat kolam trus di isi air saja.

Bisnis kolam renang ini merupakan wadah rekreasi air baik untuk berenang ataupun belajar berenang, Selain untuk anak - anak juga untuk orang dewasa. Berkut Langkah- langkah yang harus dilakukan adalah :

Punya Lahan
Salah satu ide memanfaatkan lahan kosong adalah membuat usaha kolam renang untuk anak-anak. Pertimbangannya sederhana saja, hampir semua orang suka berenang atau bermain air. Jika kita fokus hanya di kolam renang saja mungkin lahan yang dibutuhkan tidak terlalu luas, lahan kosong atau lahan yang tidak terpakai sehingga tidak perlu mengeluarkan invetasi terlalu besar.

Anda bisa mulai dengan satu kolam kecil (misal: luas 5 x 10 m, kedalaman 60 – 150 cm).Jika kita bisa mengoptimalkan lahan yang ada kemungkinan bisa terwujud karena dikota - kota yang padat penduduk sudahada wirausahawan yang berhasil membangun arena rekreasi air ini di area perumahan, area sekolah dan lain-lain.

Mereka mengurangi investasi pada fasilitas hiburan, dan lebih memfokuskan pada usaha kolam renang itu sendiri.Bisa kita simulasikan sendiri mengenai ukuran lahan untuk kolam renang dewasa dan kolam renang untuk anak -anak, fokus utama nya di situ.

Izin Usaha
Setelah lahan sudah ada maka langkah selanjutnya yaitu mendaftarkan usaha kita ke dinas pariwisata kabupaten atau kota. Izin usaha ini sangat penting sekali demi kelangsungan bisnis kolam renang kita, Misal, ijin keramaian, pemanfaatan air tanah, pengolahan dan pembuangan limbah.

Demi perlindungan dan pengembangan usaha, serta penerimaan dari masyarakat, anda perlu mendapat ijin-ijin yang diperlukan. Untuk lebih jelas nya anda bisa bertanya jawab ke langsung ke dinas pariwisata dikota atau kabupaten setempat.

Pelaksanaan
Untuk membangun kolam renang perlu kita mempersiapkan langkah langkah yang terencana suapaya kolam renang yang kita bangun berhasil dengan baik sesuai dengan keinginan dan biaya yang dikeluarkan. Pembuatan kolam renang sebaik nya menggunakan jasa ahli dibidang nya jangan sampai jasa yang kita gunakan itu mengecewakan.

Terutama untuk mendapatkan bangunan kolam yang baik, tidak bocor, mudah dalam pemeliharaan itu yang paling penting. Selain itu tidak hanya untuk pemakaiannya saja, juga kita harus memikirkan bagaimana supaya kolam renang yang kita bangun menjadi sebuah investasi jangka panjang.

Disamping membangun kolam renang jangan lupa fasilitas lain seperti ruang peralatan ,tempat penitipan barang, kamar ganti, toilet, konter makanan dan lain lain.

Perawatan dan Teknis
Setelah kolam renang tersebut sudah selesai dikerjakan, tentu selama pemakaian anda juga perlu merawatnya sehingga perlu bantuan tenaga kerja yang ditugaskan untuk memelihara kebersihan dan pengolahan air agar tetap steril dan tidak jorok sehingga konsumen yang datang sangat merasa nyaman berenang dikolam renang yang bersih dan terawat.

Nah untuk hal teknis ini biasa nya sudah direkomendasikan oleh pihak jasa pembangunan kolam renang, Jadi kita tinggal konsultasi langsung dengan mereka.

PENGEMBANGAN USAHA
Dalam pengembangan usha kolam renang ini ada beberapa metode agar kolam renang kita selalu ramai dikunjungi seperti
  • Bekerja sama dengan sekolah - sekolah dengan mengadakan lomba renang baik tingkat TK, SD dan SMP.
  • Mendirikan club renang dengan mengundang pelatih langsung. 
  • Menyewakan alat- alat renang tak terkecuali bagi anak - anak yang pemula. 
  • Melengkapi kolam renang kita dengan memaksimalkan konter makanan, Sehingga konsumen yang datang merasa betah dan nyaman mengunjungi kolam renang anda.

Jika langkah-langkah diatas merasa kurang anda bisa menambahkan dengan inisiatif sendiri demi kelangsungan bisnis anda, 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel